Honda

KPM Pemegang KKS Bank BNI di Daerah Ini Ada Pencairan Rp400.000, Cek Saldo Sekarang

KPM Pemegang KKS Bank BNI di Daerah Ini Ada Pencairan Rp400.000, Cek Saldo Sekarang

Bagi para KPM pemegang kartu KKS Bank BNI ada penyaluran Bansos BPNT alokasi Mei dan Juni sebesar Rp400.000-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pemegang kartu KKS yang diterbitkan oleh Bank BNI, segera cek saldo sekarang. 

Pasalnya, sejak Senin malam 19 Juni 2023, terpantau sejumlah KPM telah mencairkan bansos BPNT Tahap 3 alokasi Mei-Juni 2023 lewat KKS ATM bank Himbara sebesar Rp400.000.

Setelah penantian cukup panjang, akhirnya bansos BPNT tahap 3 Mei-Juni 2023 sudah dicairkan lewat KKS di pekan terakhir bulan Juni 2023 ini. 

Hanya saja bantuan sembako ini disalurkan secara bertahap oleh Kementerian Sosial. 

BACA JUGA:Ini Penyebab Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 Belum Cair

Dan yang pertama menyalurkan adalah dari Bank Negara Indonesia (BNI). 

Perlu diketahui, ada 4 bank penyalur bantuan sosial dari pemerintah yaitu Bank Mandiri, BNI, BSI dan Bank BRI. 

Sebelumnya, Bank BTN juga ikut serta dalam penyaluran bantuan sosial ini, namun mulai tahun 2023, BTN tidak lagi ikut ambil bagian dalam penyaluran bantuan sosial. 

Informasi terbaru, untuk penyaluran bantuan sembako BPNT tahap 3 Mei-Juni terpantau baru 1 bank yang menyalurkan yaitu BNI. 

BACA JUGA:Jadwal Penyaluran Bansos Permakanan Rp900.000 per Bulan untuk Lansia Mulai 1 Juli 2023

Bagi KPM yang kartu KKS nya diterbitkan oleh BNI tidak ada salahnya mulai hari ini hingga nanti malam untuk mengecek secara berkala bisa melalui mesin ATM BNI terdekat atau ke agen bank terdekat untuk memastikan adanya saldo yang masuk. 

Karena saat ini saldo atm bisa dicek di mesin atm terdekat. 

Jika saldo sudah masuk, maka KPM harus segera mengambil bantuan BPNT senilai Rp400.000 untuk dibelanjakan. 

Para KPM bebas belanja di warung manapun. Karena tidak ada pengarahan dan pengondisian dari oknum tertentu untuk berbelanja di warung tertentu. 

BACA JUGA:Cek Aplikasi SIKS-NG, Bansos BPNT Tahap 3 Senilai Rp400.000 Lewat Rekening Cair Segera

Jika masih ada oknum yang melakukan pengarahan dan pengondisian kepada KPM untuk berbelanja di warung tertentu maka hal itu melanggar dan segera laporkan. 

Untuk KPM lain yang masih menunggu pencairan harap bersabar karena proses penyaluran bansos BPNT ini dilakukan secara bertahap bertahap. 

Karena jika Bank BNI sudah mulai menyalurkan tidak menutup kemungkinan bank penyalur lainnya segera menyusul pencairannya. 

Untuk daerahnya diantaranya Semarang, Tasik Kota, Jombang, Kota Depok, Pekalongan, Surabaya, Jakarta Selatan, Besuki, Kabuaten Probolionggo, Cirebon, Bekasi Indramayu, Bandung Timur, Pamekasan Madura, Sukabumi, Lumnajang, dan daerah Tulung Agung. 

Namun tidak menutup kemungkinan bagi daerah lain yang kartu KKS nya diterbitkan oleh BNI juga ada saldo yang masuk sebesar Rp400.000 untuk bantuan BPNT alokasi mei-Juni 2023.

BACA JUGA:Ini Penyebab Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 Belum Cair

Lalu sudah sampai dimana proses penyaluran Bantuan BPNT Mei-Juni di Kementerian Sosial?.

Sebagaimana terpantau melalui aplikasi SIKS-NG di salah satu sampel daerah, namun harap dicatat untuk sampel daerah tidak mewakili untuk semua daerah jadi sifatnya sangat lokal untuk daerah tersebut saja.

dari update terbaru tersebut sudah ada bank yang berubah menjadi SPM yaitu BRI, dan 2 bank lagi sudah status SP2D.

Oleh karena itu tidak mustahil sudah ada KPM yang sudah melaporkan bantuan sudah cair untuk bank tertentu itu dikarenakan saat ini di Kemensos terus melakukan proses pengupdate an pencairan bagi KPM yang dinyatakan layak dan lolos verifikasi rekening untuk dibuatkan SP2D pencairan BPNT Mei-Juni sebesar Rp400.000 melalui KKS 

BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 Cair Hari Ini? Cek Jadwal Pencairan di Sini

Karena proses terus bergulir maka tidak mustahil ada KPM yang sudah menarik bantuannya. 

Kesimpulannya, tidak semua waktu pencairannya sama di setiap daerah di Indonesia. Jangankan beda daerah, dalam satu daerah maupun bertetangga juga tidak selalu sama tanggal pencairannya, mengingat proses pencairan bansos di Kemensos ini dilakukan secara bertahap. 

Belum lama berdasarkan laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terdeteksi ada 10.249 KPM Bantuan Pangan Non Tunai yang tidak sesuai dengan klasifikasi melalui sistem Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham. 

Dari data tersebut diketahui mereka yang menerima bansos diantaranya menjabat sebagai Direksi atau pejabat tertentu di sejumlah perusahaan. 

BACA JUGA:Bansos Khusus Lansia Cair Rp900.000 Perbulan, Ini Jadwal Penyalurannya

Hasil temuan BPK tersebut, maka Kemensos membekukan data yang dimaksud dan mengeluarkan dari DTKS. 

Pembekuan data merupakan tindak lanjut dari temuan BPK setelah melakukan pemadanan data KPM by name by address data salur bansos sembako BPNT dengan data di sistem Ditjen KHU Kemenkumham. 

Sedikitnya ada 10.249 KPM yang terdeteksi mereka tercatat sebagai pengurus atau pejabat di perusahaan tapi realitanya mereka miskin. 

Maka atas temuan ini, Mensos membekukan data penerima bansos tersebut dengan demikian para KPM yang telah dibekukan namanya tidak lagi menerima bantuan sosial termasuk bantuan sembako BPNT Mei-Juni sebesar Rp400.000.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: