Honda

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini yang Dilakukan Pj Bupati Apriyadi

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini yang Dilakukan Pj Bupati Apriyadi

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud saat melakukan sosialisasi cegah Karhutbunkah di Radio Lilin FM 91.3, Sungai Lilin.-Dinas Kominfo Muba-

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Kontrak Kerja Tenaga Non ASN di Muba Diperpanjang

"Hari ini saya bersama Pak Danrem 044 Gapo, Pak Dandim 0401 dan Pak Kapolres, selain memastikan area rawan karhutbunlah terjaga baik serta masyarakat komitmen menjaga wilayahnya dari ancaman karhubunlah, kami juga menanam pohon sebagai bentu konkrit menjaga hutan dan penghijauan," ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Mantan Kades Pematang Palas ini mengaku, dari hasil inventarisir dirinya lewat jalur udara bersama Danrem dan Dandim serta Kapolres tampak wilayah Muba terpantau clear dari kejadian kebakaran hutan.

"Apalagi di Desa Muara Medak ini yang 60 persen merupakan lahan gambut, Alhamdulillah hingga saat ini zero kebakaran lahan. 

Ini juga tidak terlepas dari komitmen dan peran serta masyarakat dan perangkat desa serta kecamatan, yang maksimal melakukan pengawasan dan patroli mandiri," ucapnya.

BACA JUGA:INGAT! Bansos Permakan Lansia Hanya untuk Penerima Berusia 80 Tahun ke Atas

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Muba ini mengajak, agar warga tetap untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar terutama di lahan gambut. 

"Terus kita jaga, dan tetap komitmen untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar," tegasnya.

Ia menambahkan, saat ini tercatat Desa Muara Medak memiliki luas lahan 74 ribu hektar dan sudah dirasakan harus dimekarkan 2-3 desa. 

"Ke depan Desa Muara Medak ini akan kita mekarkan, tapi jangan masuk ke Jambi namun tetap berada di wilayah Muba, saya berharap usulannya segera diberikan ke Pemkab Muba," terangnya.

BACA JUGA:Amalan yang Baik Dilakukan Pada Pagi Hari Untuk Pembuka Pintu Rizki

Sementara itu, Danrem 044 Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr (HAN) mengaku Sumsel merupakan daerah yang cukup terkendali dalam hal Karhutbunlah.

"Namun saya ingin tetap menekankan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan," ungkap dia.

Ia berharap, ke depan agar tidak ada lagi kebakaran hutan kebun dan lahan. 

"Apabila terjadi Kapolres dan kawan-kawan siap menangkap pelaku pembakaran tersebut," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinas kominfo muba