Honda

MANTAP! Belanda Akan Kembalikan 478 Harta Karun Milik Indonesia

 MANTAP! Belanda Akan Kembalikan 478 Harta Karun Milik Indonesia

Ilustrasi--freepik

AMSTERDAM, PALPRES.COM - Selama penjajahan Belanda ratusan tahun, Belanda banyak merampas barang barang pusaka milik Indonesia dari berbagai daerah di Nusantara. 

Kabar terbarunya, Kementerian Kebudayaan Belanda ingin mengembalikan sebanyak 478 harta rampasan dari Indonesia. 

Hal ini dikonfirmasi oleh NL Times, bahwa dikabarkan bukan hanya saja Indonesia yang akan mendapatkan kembali harta karun miliknya, melainkan Sri Lanka pun akan mendapatkan harta yang pernah dirampas oleh Belanda.

"Sebagian besar merupakan artefak seni dan kebudayaan, dan sebagian dari harta ini merupakan karya yang sangat berharga dan sangat signifikan di kebudayaan, " kata Kementerian Kebudayaan di Den Haag.

BACA JUGA:Emak-emak Bahagia! Bansos PKH Tahap 3 Akhirnya Cair, Segera Cek ATM

Ini merupakan momen yang sangat bersejarah, karena Ini akan memperkuat diplomasi antara Belanda dan Indonesia, dan ini harus segera dilaksanakan.

Karena harta ini seharusnya bukan berada di Belanda.

Sebanyak 478 objek telah diputuskan untuk dikembalikan, dan bila ada Museum Belanda memamerkannya akan dicap sebagai tindakan ilegal. 

Indonesia pun sudah meminta untuk pengembalian harta benda itu dari tahun lalu, karena itu merupakan kebudayaan yang berharga dan sebagian besar merupakan harta yang hilang. 

BACA JUGA:Dapatkan Perlengkapan Bayi Murah di Blibli

Dilansir dari DW,  harta yang dikembalikan ada yang paling terkenal yaitu harta Karun Lombok.

Terdiri dari ratusan emas dan perak yang pernah dijarah oleh tentara kolonial Belanda.

Kemungkinan harga itu dirampas pada saat penyerangan di tahun 1894.

Di sisi lain, Sri Lanka juga mendapatkan meriam Kandy yang merupakan senjata yang terbuat dari emas dan perak, dan salah satu gentong berharga,  yang bergambarkan simbol Raja Kandy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: