Honda

7 Manfaat Remis Bagi Kesehatan, Bisa Memperlancar Peredaran Darah dan Menambah Energi

7 Manfaat Remis Bagi Kesehatan, Bisa Memperlancar Peredaran Darah dan Menambah Energi

7 manfaat remis atau kerang sungai bagi kesehatan tubuh--

MUSI RAWAS, PALPRES COM- Remis atau kerang sungai merupakan salah satu makanan yang terdapat di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kerang sungai biasanya hidup di habitat sungai atau aliran air yang berpasir, penjual masakan khusus kerang sungai atau remis sangat mudah kita temui di sepanjang jalan menuju Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas.

Biasanya pedagang menjual kerang sungai atau remis dalam bentuk olahan makanan jadi, seperti masakan kuah kuning.

Satu mangkuk kerang sungai kuah kuning di banderol seharga Rp.5.000 dengan porsi yang cukup membuat kenyang perut anda.

BACA JUGA:308 Km dari Palembang, Inilah Terowongan Kereta Api di Sumsel yang Dibangun Sebelum Indonesia Merdeka!

Selain itu anda dapat memesan es kelapa muda hijau dengan harga Rp.8.000 perbuah, tapi bisa juga hanya minum air putih saja.

Dilansir dari palt form mediia online, ada 7 manfaat remis atau kerang sungaibagi kesehatan tubuh anda, yuk disimak!

1. Menyegarkan tubuh

Manfaat Kerang sungai atau remis yang diolah jadi sop atau kuah kuning diyakini berguna untuk menyegarkan tubuh, biasanya remis yang sudah diolah dengan menambahkan sejumlah rempah-rempah yang dapat menyegarkan dan menghangatkan tubuh anda, sehingga membuat tubuh anda menjadi segar, sehat dan semangat dalam menjalankan aktivitas kerja sehari-hari.

BACA JUGA:5 Objek Wisata Alam di Purbalingga yang Wajib Dikunjungi, Nomor 3 Ada di Bawah Tanah!

2. Kaya kandungan selenium

Selanjutnya kerang sungai atau remis merupakan salah satu sumber selenium yang cukup tinggi, dimana selenium merupakan salah satu zat atau senyawa yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, meskipun kadar selenium yang dibutuhkan tubuh kita tidak terlalu banyak .

3.  Baik untuk kesehatan mata

Ternyata kerang sungai atau remis memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A yang ada pada kerang sungai atau remis dapat mencegah gangguan kesehatan pada mata, seperti katarak, rabun ayam, rabun jauh dan juga rabun dekat.

BACA JUGA: MANTAP! Tanggapi Keluhan Warga, Lurah Tanjung Raja Gercep Lakukan Ini

4. Memproduksi sel darah merah

Kerang sungai atau remis sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya gejala anemia atau gejala kekurangan darah di dalam tubuh.

Zat besi yang dihasilkan dari kerang sungai atau remis menghasilkan zat besi yang pentimng dalam proses pembentukan darah, sehingga menjadi sangat penting bagi anda yang sering mengalami berbagai macam gejala anemia.

Adapun beberapa gejala anemia yang sering muncul, Mudah merasa lelah, Sering lesu dan lemas, mudah terserang penyakit, Sering tidak bersemangat dalam beraktivitas, oleh sebab itu bagi anda yang mengalami gejala anemia selain mengonsumsi buah jambu biji, remis bisa kalian coba juga ya.

BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT Tahap 3 Cair Via Pos, Cek Nama Penerimanya Disini, Bisa Lewat HP

5. Membantu memperlancar peredaran darah

Kandungan zat besi yang terkandung dalam remis memiliki manfaat yang sangat penting untuk memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar ini akan sangat membantu untuk mengoptimalkan suplai darah ke seluruh organ vital di dalam tubuh.

Selain itu, lancarnya peredaran darah ini juga dapat membantu anda dalam menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

6. Sebagai bahan utama pembuatan aneka masakan

BACA JUGA:Ini 5 Keluhan Tentara Wanita Ukraina Selama Perang, Nomor 4 Bikin Miris

Ada beberapa masakan yang menggunakan bahan utama remis sebagai bahan baku utamanya, biasanya, remis dimanfaatkan untuk masakan tumis-tumisan, ataupun dibuat menjadi sup, biasanya olahan dari remis ini memiliki rasa gurih, segar dan juga pedas yang sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat.

7. Menambah energi

Manfaat remis untuk kesehatan memiliki kalori yang tinggi, kira-kira 3 ons remis memiliki kandungan kalori sebanyak kurang lebih 145 hingga 150 kalori. Ini merupakan salah satu sumber energi yang cukup tinggi terutama ketika dikonsumsi sebagai lauk pauk saja.

Selain itu, olahan remis seperti sup dapat memberikan energi yang lebih banyak lagi meskipun dimakan tanpa menggunakan nasi. Dengan kandungan gizinya yang banyak dan juga tinggi, remis sangat baik dan juga efektif bagi yang sedang menjalani program diet. (frs/lek) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: