Honda

Suzuki Celerio 2023, Mobil Perkotaan yang Hemat Bahan Bakar, Harganya Kira-Kira Berapa Ya?

Suzuki Celerio 2023, Mobil Perkotaan yang Hemat Bahan Bakar, Harganya Kira-Kira Berapa Ya?

Mobil Perkotaan yang irit bahan bakar-Suzuki.co.id-

PALPRES.COM - Suzuki Celerio merupakan mobil yang sangat populer di Tanah Air.

Walaupun masuk dalam kategori mobil dengan harga terjangkau, Suzuki Celerio tetap menawarkan kualitas terbaik dan dilengkapi fitur-fitur yang lengkap.

Mobil ini hadir dengan mesin 1.0L 3 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 67 hp dan torsi 90 Nm.

Bukan hanya itu, Suzuki Celerio juga dilengkapi fitur-fitur seperti sistem audio dengan layar sentuh 7 inchi, kamera parkir belakang, power window dan pengaturan suhu AC otomatis.

BACA JUGA:Rafael Struick Lewat, Shin Tae-yong Berpaling ke Sosok Striker Timnas Indonesia yang Baru, Siapa Sih Dia?

Mobil ini juga memiliki fitur keamanan seperti dual SRS airbag, rem ABS, immobilizer, dan seatbelt protensioner.

Baik di Indonesia maupun India, permintaan akan kendaraan hatchback berukuran kompak atau mobil perkotaan sangatlah dominan di pasar otomotif Asia.

Tentunya ketika berbicara mengenal mobil perkotaan, yang terlibtas di pikiran adalah Suzuki Motors, produsen mobil asal Jepang.

Kita telah menyaksikan berbagai kesuksesan yang diraih oleh pabrikan raksasa ini melalui mobil perkotaan besutannya yang diluncurkan di sejumlah negara yang memiliki tingkat populasi terpadat, seperti Indonesia, India, China dan Thailand.

BACA JUGA:Resmi Debut, Ini Lirik Lagu ‘In Bloom’ Milik ZEROBASEONE

Kendaraan produksinya tidak hanya memudahkan pengemudi melakukan aktifitas di perkotaan yang padat, tapi juga irit bahan bakar.

Tingkat efisiensi bahan bakar yang besar serta ukurannya yang kompak membuat produksi mereka menjadi salah satu pilihan utama konsumen yang berasal dari keluarga kecil saat berkendara di lalulintas yang padat.

Produk terbaru besutan Suzuki Motors di pasar hatchback adalah Celerio, yang ditujukan untuk menggantikan produk sebelumnya seperti A-Star dan Zen-Estillo.

Dibangun dari kerangka yang serupa, Suzuki Celerio menawarkan ruang interior yang lapang serta desain bodi cerdas nan stylish, sehingga mampu mengungguli kompetirornya.

BACA JUGA:Shin Tae-Yong Ingin Bawa Timnas Menjadi Raja Asia, Ini Kesiapan Pasukan Garuda Hadapi Piala Asia

Mobil perdana Celerio diluncurkan di ajang otomotif Delhi Auto Expo 2014 dan meminjam bahasa desain konsep dari A-Wind yang sebelumnya pernah diperkenalkan.

Melirik dapur Celerio, kendaraan ini mengadopsi mesin K-Series berkapasitas 1.0 liter yang menghantarkan performa menakjubkan, meskipun berukuran tergolong kecil.

Mesin ini serupa dengan yang disematkan pada Wagon R, tapi telah disempurnakan demi menghasilkan performa yang lebih baik.

Teknologi injeksi bahan bakar cerdasnya juga menawarkan tingkat efisiensi yang sangat memadai, sehingga menjadikan Celerio sebagai kompetitor utama di segmen mobil perkotaan.

BACA JUGA:Kejutan dari Shin Tae-yong, Striker Baru Timnas Indonesia Terungkap! Bukan Rafael Struick, Ternyata...

Versi terbaru dari model ini juga mengalami beberapa perubahan minor pada gaya desainnya, termasuk sisipan krom baru diatas lampu utama dan lampu indikator belok yang dipadukan dengan ORVMs.

Ukurannya yang kompak serta desain cerdas dan didukung dengan lingkar kemudi yang ringan, menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi konsumen ketika melewati jalanan Indonesia yang super sibuk.

Jarak Tempuh dan Efisiensi

Tingkat efisiensi dan lebih irit bahan bakar merupakan salah satu keunggulan utama dari ahli pembuat mobil asal Jepang, sehingga tidak heran jika pabrikan ternama ini berhasil menguasai pasar India sejak tahun 1980an.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Cari Solusi di Lini Depan, Siapa Striker Baru Timnas Indonesia?

Celerio dipersenjatai dengan mesin tipe K10B DOHC yang telah terbukti kebolehannya dalam menawarkan teknologi optimalisasi bahan bakar, sehingga membuat kendaraan mampu mencapai jarak tempuh yang menakjubkan, yakni 23,1 kmpj.

Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi Celerio dalam bersaing dengan kompetitor lainnya.

Tenaga

Dapur pacu Suzuki Celerio mengadopsi mesin K10B 12 katup DOHC yang juga digunakan padaWagon R dan New Splash.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Nahkodai Timnas U-23, Coach Butuh Striker Tajam, Coba Tebak?

Mesin ini menghasilkan tenaga sekitar 86 bhp pada kecepatan 6.000 rpm dan letupan torsi sebesar 90 Nm pada kecepatan 3.500 rpm.

Angka ini tergolong cukup memadai untuk kategori mobil perkotaan, namun mungkin sedikit lebih rendah jika dibandingkan kendaraan lain seperti Honda Brio dan Nissan Micra.

Akselerasi dan Daya Angkut

Jika menganalisis detail spesifikasi yang diusungnya, dapur pacu Celerio tergolong masih standar.

BACA JUGA:Ini 5 Pelapis Striker Pilihan STY, Nomor 5 Ada Ronaldo Guys!

Kendati demikian, mesin yang berukuran kecil itu telah disempurnakan oleh pabrikan agar mampu menembus kecepatan puncak hingga 175 kmpj dengan varian transmisi otomatis.

Mesin ini juga mencapai kecepatan 0-100 kmpj dalam rentang waktu 15,5 detik.

Eksterior

Berbicara mengenai gaya desain eksterior Celerio, kendaraan ini mengusung bahasa desain yang kurang lebih sama dengan varian sebelumnya, namun dengan tambahan beberapa perubahan minor, yang membuatnya terlihat lebih segar.

BACA JUGA:KATALOG Promo Alfamart Hingga 16 Juli 2023, Minyak Goreng 2 Liter Hanya Rp30.400

Namun jika anda menganggap bahwa model ini merupakan suksesor dari Estillo, Suzuki Motors tentunya telah menghilangkan segala bagian yang tidak memadai dan memperbaharui dengan tampilan yang lebih cerdas.

Ukuran Eksterior

Panjang Suzuki Celerio secara keseluruhan adalah 3600 mm dengan lebar 1600 mm.

Ini berarti konsumen mendapatkan kendaraan berukuran memadai, salah satu nilai tambah bagi Suzuki Celerio dalam bersaing dengan kompetitornya.

BACA JUGA:Bupati OKI Layak Terima Penghargaan Pembangunan Bidang Koperasi dari Presiden, Begini Penjelasannya

Tingginya 1540 mm, sehingga mampu beradapsati dengan mudah di jalanan yang berlubang ataupunn ketika melalui polisi tidur.

Interior

Meskipun tergolong dalam segmen kendaraan berukuran kompak, hal ini tidaklah berlaku jika kita membicarakan sektor interior Celerio.

Dibandingkan dengan kendaraan lain yang sejenis seperti Nissan Micra, Datsun Go, dan Honda Brio, interior Celerio tidaklah kecil seperti tampilan eksteriornya.

BACA JUGA:Wajar Jadi Top 3 PTS Terbaik di Indonesia, Ternyata Keunggulannya Bikin 'Geleng-geleng' Kepala, Yuk Intip!

Terdapat ruang yang lapang untuk semua penumpang dan kendaraan dengan mudah mengakomodir 5 penumpang, termasuk pengemudi.

Dasbor bertema hitam jet, terlihat stylish dengan garis-garis simetris yang mengalir dari konsol tengah hingga ke bagian depan.

Konsol hiburan juga terlihat elk dengan sejumlah tombol dan perangkat, yang membuatnya terlihat lebih berkelas dan ngetren. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: