Honda

Sedekah Bumi, Tradisi Warga Bandung Kiri Lubuklinggau Menyambut Tahun Baru Islam

Sedekah Bumi, Tradisi Warga Bandung Kiri Lubuklinggau Menyambut Tahun Baru Islam

Warga Bandung Kiri Kota Lubuklinggau menggelar sedekah bumi dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 H--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Ratusan warga Kelurahan Bandung Kiri, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar acara sedekah bumi dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 H, Rabu, 15 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan warga setempat setiap tahun secara turun temurun, sebagai bentuk rasa terimakasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang sudah diberikan selama ini, serta pelestarian budaya.

Acara di mulai dengan memanjatkan pembacaan surat Yasin, zikir dan doa bersama warga kampung, selanjutnya sedekah bumi tanda syukur dengan makan bersama-sama. 

Kegiatan tradisi ini rutin setiap tahun dilaksanakan secara sederhana, tentunya sudah menjadi kewajiban bersama untuk melestarikannya agar tidak punah sekaligus memperkenalkan tradisi tersebut kepada anak cucu sebagai penerus.

BACA JUGA:7 Sekolah di Kabupaten Muba Raih Penghargaan Adiwiyata, Salah Satunya Terbaik 1 se-Sumsel, Ini Nama Sekolahnya

Tidak hanya itu saja, sebelumnya warga Kelurahan Bandung Kiri RT.01 juga beramai-ramai melaksanakan Pawai Obor dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah pada Selasa malam, 18 Juli 2023. 

Subari Ketua RT 01 dalam kesempatan ini mengatakan, sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Allah SWT yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

“Alhamdulillah acara Syukuran sedekah bumi ini, kita laksanakan setiap tahun yang mana bertepatan juga dengan Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriah,” ujarnya. 

Lanjutnya, dalam momentum ini juga mari kita tingkatkan Keimanan serta Ketakwaan kita kepada Allah SWT, dan mari perbaiki diri kita untuk lebih baik lagi.

BACA JUGA:Ini Arahan Wadansat Brimob Polda Sumsel Kepada Personel Batalyon B Pelopor Lubuklinggau

“Semoga dengan sedekah Bumi ini, kedepannya hasil Bumi kita lebih banyak Lagi dan warga Kelurahan Bandung Kiri menjadi makmur dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu pantauan dilapangan, Acara sedekah bumi dimulai dari pukul 16.30 WIB hingga dengan selesai, warga setempat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. 

Yuliana, salah satu warga RT 1 Kelurahan Bandung Kiri mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ini sangat baik, sebab disamping memupuk kebersamaan, juga sebagai ajang silaturahmi antar warga.

"Disini warga bersama-sama makan bersama dengan berkumpul menjadi satu," ucapnya.

BACA JUGA:Kisah Kecerdasan Abu Nawas yang Berhasil Mengelabui Gajah Ajaib

Ditambahkannya, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Dan diharapkan pula dari kegiatan ini menambah jalinan silaturahmi. (frs/lek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: