Honda

Jemaah Haji Kloter 12 Kembali ke Tanah Air, 2 Dirawat di Arab Saudi

Jemaah Haji Kloter 12 Kembali ke Tanah Air, 2 Dirawat di Arab Saudi

Sebanyak 353 jemaah haji kloter 12 Debarkasi Palembang mendarat di Bandara SMB II Palembang, Kamis (20/7) -humas kemenag Sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sebanyak 353 jemaah haji kloter 12 Debarkasi Palembang mendarat di Bandara SMB II Palembang, Kamis (20/7) malam, pukul 20.31 WIB.

Dua jemaah belum bisa ikut pulang karena masih dirawat di Arab Saudi. 

Ketua Kloter 12, H Syafarudin Bina dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci lalu, total jemaah kloter 12 berjumlah 359 jemaah.

Namun empat jemaah sudah pulang lebih awal bersama kloter lain.

BACA JUGA:Layanan Fast Track Mudahkan Jemaah Lansia saat Keberangkatan dan Kedatangan Haji

Mereka adalah Jumat Ali Husin dan Murni Harun Ilyas bersama kloter 6 serta Maryani M Yusuf Hamid dan Muhammad Zulfikri M Aripin bersama kloter 11.

Adapun dua jemaah yang belum bisa pulang adalah Tamron Tohir yang masih dirawat di RS King Fahd Madinah dan Ahmad Saleh Muhammad di Makkah Medical Center. 

Alhamdulillah seluruh jemaah dapat menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Utamanya di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” tutur Syafarudin. 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel H Armet Dachil menjelaskan, dengan kedatangan jemaah kloter 12, Debarkasi Palembang hingga saat ini telah menerima kedatangan 4.299 jemaah dengan rincian jemaah 3.179 jemaah Sumsel, 1.061 jemaah Babel, dan 59 petugas kloter.

BACA JUGA:Evaluasi Proses Penyelenggaraan Haji, Komisi VIII DPR RI Kunjungan ke Embarkasi Palembang

Adapun jemaah yang meninggal berjumlah 37 orang dengan rincian Sumsel 30 orang dan Babel tujuh orang.

Sebanyak 32 jemaah meninggal di Tanah Suci, empat jemaah meninggal di debarkasi, dan satu jemaah meninggal di embarkasi. 

“Sesuai janji pemerintah, bapak/ibu akan mendapatkan zamzam masing-masing 10 liter. Namun yang langsung diterima malam ini baru 5 liter per orang. Sisa 5 liter lagi nantinya akan didistribusikan melalui Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing,” jelas Armet. 

Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel H Abdul Hamid dalam sambutannya saat menerima kedatangan kloter 12 di Aula Asrama Haji mengucapkan selamat datang dan bertemu kembali dengan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: