Honda

CATAT! Bansos PKH Tahap 3 Mulai Disalurkan, Disusul BPNT Sembako

CATAT! Bansos PKH Tahap 3 Mulai Disalurkan, Disusul BPNT Sembako

Ilustrasi -Dok Palpres-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pekan ketiga bulan Juli menjadi momen penting bagi sebagian daerah di Indonesia, karena penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 telah dimulai. 

Meskipun prosesnya dilakukan secara bertahap, beberapa wilayah sudah mulai menerima pencairan bantuannya.

Perbedaan penyaluran PKH tahun ini dengan tahun sebelumnya terletak pada pendekatan wilayah dengan akses mudah dan akses sulit. 

Untuk daerah dengan akses mudah, penyaluran dilakukan melalui 431 kabupaten atau kota yang tersebar di seluruh Indonesia, menggunakan Bank Himbara (BRI, BSI, BNI, dan Mandiri) sebagai lembaga penyalur. 

BACA JUGA:JULI BERKAH, 6 Bansos Cair Serentak, Berikut Jadwal Pencairannya

Sedangkan untuk daerah dengan akses sulit, penyaluran dilakukan melalui Kantor Pos di 81 kabupaten atau kota.

Proses penyaluran PKH Tahap 3 sudah dimulai sejak awal bulan ini melalui bank, namun belum merata karena bersifat bertahap dan menggunakan termin. 

Sementara itu, penyaluran melalui Kantor Pos akan dilakukan antara periode Juli, Agustus, dan September, dan berbarengan dengan Bansos BPNT Sembako.

Pada awal Juli 2023, penyaluran Bansos PKH Tahap 3 sudah dimulai di wilayah luar Sumatera Selatan (Sumsel). 

BACA JUGA:20 Ribu Pelajar Muara Enim Sudah Melek Dunia Digital yang Sehat Beradab dan Bermanfaat, Mau Tahu Buktinya?

Namun, banyak KPM dari berbagai wilayah di Indonesia yang masih bertanya mengenai waktu penyaluran bantuan agar dapat merata di seluruh tanah air.

Menurut informasi terbaru, beberapa daerah di luar Sumsel sudah mulai menerima pencairan bantuan PKH periode Juli-September 2023. 

Beberapa di antaranya adalah Kabupaten Indramayu dan Ciamis di Provinsi Jawa Barat. 

KPM di kedua wilayah tersebut telah berhasil menarik bantuan PKH Tahap 3 dengan masing-masing saldo Rp890.000 dan Rp975.000. 

BACA JUGA:Hiasi Taman dan Rumahmu dengan Tanaman Hias Ini, Dijamin Tak Menyesal

Selain itu, di wilayah Aceh, sudah ada KPM yang menerima penyaluran melalui Bank BSI dengan nominal Rp225.000.

Perlu diingat bahwa penyaluran bantuan PKH tahap 3 ini dilakukan secara bertahap karena melalui berbagai tahapan di Kementerian Sosial, termasuk proses verifikasi data di Pusdatin. 

Sehingga, penerima bantuan PKH Tahap 3 baru sebagian kecil dari total 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang disasarkan.

Selain PKH, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) Sembako juga disalurkan dalam alokasi 3 bulan (Juli, Agustus, dan September) dengan total bantuan sebesar Rp. 600.000. 

BACA JUGA:SIAP-SIAP, Saldo BLT Rp1.000.000 Masuk Rekening KPM, Ini Cara Cek Penerimanya

KPM yang menerima PKH Tahap 3 juga berhak menerima BPNT Sembako, meskipun penyalurannya juga dilakukan secara bertahap.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui daftar penerima PKH Tahap 2, informasi dapat diakses melalui website SIK-NG yang dipegang oleh Pendamping Sosial PKH, Operator SIK-NG tiap daerah, Dinas Sosial, pihak desa, maupun kelurahan. 

Informasi juga dapat diperoleh secara online melalui aplikasi usul-sanggah yang tersedia di Playstore atau website www.cekbansos.go.id.

Diharapkan, proses penyaluran bantuan PKH Tahap 3 dan BPNT Sembako dapat berjalan lancar dan merata di seluruh wilayah Indonesia, sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi keluarga penerima manfaat. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: