Honda

Dorong Pengembangan Infrastruktur Kawasan Industri KIT, Ini yang Dilakukan BPIW Kementerian PUPR

Dorong Pengembangan Infrastruktur Kawasan Industri KIT, Ini yang Dilakukan BPIW Kementerian PUPR

Ilustrasi --Freepik

JAKARTA, PALPRES.COM - Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong percepatan pengembangan infrastruktur Kawasan Industri (KI) di Kawasan Indonesia Timur (KIT).

Untuk memberikan kontribusi optimal terhadap ekonomi nasional, khususnya dalam akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia. 

Salah satu kawasan yang menjadi fokus utama pengembangan adalah Kawasan Industri (KI) Morowali, yang berlokasi di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Sebagaimana dikutp dari bpiw.pu.go.id, Kepala BPIW Kementerian PUPR, Yudha Mediawan, menyatakan pentingnya peran KI Morowali dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur. 

BACA JUGA:Koin Kuno Rp100 Rumah Gadang Kian Meroket, Dihargai Rp25 Juta per Keping

Saat memimpin rombongan Kunjungan Lapangan (Kunlap) Tim BPIW Kementerian PUPR ke KI Morowali, dia menyampaikan bahwa Kementerian PUPR melalui BPIW sedang menyusun Kajian Percepatan Peningkatan Pelayanan Infrastruktur di 5 KI strategis di luar Pulau Jawa dan Sumatera. 

Kelima KI strategis tersebut meliputi KI Morowali, KI Sorowako di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, KI Konawe di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, KI Weda di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, dan KI Tanjung Selor di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Dalam rangka mewujudkan perencanaan dan program yang implementatif serta menjawab kebutuhan infrastruktur di KI Morowali, BPIW mengadakan Kunlap yang melibatkan sejumlah perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis/Balai di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Camat Bahodopi, dan perwakilan dari PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), sebuah perusahaan yang mengelola kawasan industri Morowali dengan melibatkan sebanyak 50 perusahaan (tenant) berbasis nikel.

Dalam kunjungan tersebut, Tim BPIW berdiskusi dengan jajaran manajemen PT. IMIP dan mengunjungi sejumlah titik di dalam Kawasan PT IMIP untuk meninjau perkembangan infrastruktur. 

BACA JUGA:1 Liter Tempuh 66,7 Kilometer, Motor Murah Irit Bahan Bakar Ini Bakal Laris Manis

Selain itu, Tim BPIW juga mengevaluasi sejumlah jalan poros nasional yang menghubungkan KI Morowali dengan wilayah sekitarnya yang perlu dikembangkan agar dapat mendukung kelancaran aktivitas industri di kawasan tersebut. 

Puskesmas dan kantor Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali juga menjadi fokus kunjungan untuk membahas rencana dan program peningkatan infrastruktur PUPR di wilayah tersebut.

Yudha Mediawan menekankan pentingnya memperhatikan wilayah sekitar KI Morowali agar tidak terjadi kekumuhan. 

Dengan demikian, pengembangan infrastruktur di kawasan ini harus mempertimbangkan aspek lingkungan dan sosial-budaya sehingga tetap menciptakan keadaan yang kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: