Honda

Bansos BPNT Cair 3 Bulan Rp600.000 Via Pos, Lewat Bank Himbara Periode Salur Masih Mei-Juni

Bansos BPNT Cair 3 Bulan Rp600.000 Via Pos, Lewat Bank Himbara Periode Salur Masih Mei-Juni

Bansos BPNT Cair 3 Bulan Rp600.000 Via Pos, Lewat Bank Himbara Periode Salur Masih Mei-Juni-palpres.com-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Ada kabar mengejutkan terkait update status penerima bansos BPNT tahap 4 lewat mekanisme KKS Bank Himbara.

Pasalnya, beberapa hari lalu para KPM mendapatkan kabar gembira, jika status periode salur Bansos BPNT tahap 4 sudah berubah bulan dari Mei-Juni menjadi Juli 2023.

Namun pada Rabu 26 Juli 2023 kemarin, terpantau dari aplikasi SIKS-NG jika status periode salur kembali berubah menjadi bulan Mei-Juni 2023.

Tentu ini mengejutkan para KPM.

Karena KPM banyak yang khawatir jika bantuan reguler dari Kementerian Sosial (Kemensos) ini tidak jadi alias gagal disalurkan.

BACA JUGA:21,3 Juta KPM Terima Bansos Non Tunai untuk 3 Bulan dari Pemerintah, Cek di Sini Penerimanya

Banyak KPM yang telah melaporkan perihal perubahan status ini ke pendamping sosial mereka.

Meskipun demikian, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan status periode salur bantuan sembako tahap 4 ini berubah kembali ke Mei-Juni.

Ada dua kemungkinan, yaitu status periode salur bulan Juli dibatalkan dan akan diubah kembali ke sistemnya seperti tahap sebelumnya yaitu 2 bulan penyaluran Juli-Agustus, atau sama dengan penyaluran lewat PT Pos Indonesia yaitu 3 bulan Juli-September 2023. 

Sampai saat ini belum ada informasi resmi terkait perubahan periode salur dari Juli kembali menjadi Mei-Juni 2023 ini.

Sementara untuk pencairan BPNT lewat mekanisme Kantor Pos tetap akan disalurkan untuk alokasi 3 bulan yaitu Juli, Agustus dan September 2023 yaitu sebesar Rp600.000 per KPM.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH Para KPM Berbahagia, Bansos Non Tunai Diperpanjang Lagi, Ini Jadwal Penyalurannya

Periode ini sama dengan periode penyaluran bantuan PKH tahap 3 alokasi Juli-September yang juga disalurkan melalui Kantor Pos.

Bahkan tidak menutup kemungkinan pencairan akan dilakukan serentak.

Jika berkaca pada pencairan tahapan sebelumnya, maka proses pencairan diprediksi akan mulai berlangsung pada pertengahan bulan Agustus hingga akhir September 2023 mendatang.

Berdasarkan pantauan akun SIKS-NG Supervisor di Dinas Sosial sudah ada progress persiapan penyaluran BPNT tahap 3 Juli-Agustus-September 2023.

BACA JUGA:SIMAK, Cara Cek Penerima Bansos PIP Rp1.000.000 dari Kemdikbud dan Syarat Aktivasi Rekening Simpel

Dalam keteranganya sudah tertera pencairan Bansos BPNT lewat Pos tetap dicairkan 3 bulan sekaligus yaitu periode Juli-September 2023 senilai Rp600.000.

Sementara itu, untuk pencairan BPNT lewat PT Pos, meski status periode salur sudah berubah mejadi Juli-September, namun perlu dicatat jika masih ada proses dan tahapan selanjutnya hingga bantuan sampai ke tangan para KPM.

Pantauan terkini, saat ini belum ada pergerakan terkait proses pencairan lewat PT Pos, artinya para KPM belum mendapatkan surat undangan penyaluran bantuan BPNT.

Bantuan Pangan Non Tunai atau Bantuan Program Sembako merupakan bantuan reguler yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

BACA JUGA:Tinggal 5 Hari Lagi, Bansos PIP Rp1.000.000 Cair ke Rekening, Cek Penerimanya di Sini

Bantuan ini menyasar 18,8 juta warga rentan miskin atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh wilayahdi Indonesia.

Para KPM menerima bantuan sebesar Rp200.000 per bulan atau Rp2.400.000 per tahun.

Untuk penyalurannya dibagi dalam dua mekanisme penyaluran.

Pertama melalui PT Pos Indonesia untuk sebagian kecil wilayah di Indonesia, dengan alokasi 3 bulan senilai Rp600.000.

Kedua melalui KKS Bank Himbara yakni ada 4 lembaga penyalur meliputi Bank Mandiri, BRI, BNI dan BSI. Jika pada tahap 1-3 penyaluran bantuan untuk alokasi 2 bulan senilai Rp400.000.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: