Honda

Anda Punya Penyakit Tekanan Darah Tinggi? Coba Konsumsi 5 Jenis Buah Ini

Anda Punya Penyakit Tekanan Darah Tinggi? Coba Konsumsi 5 Jenis Buah Ini

Buah pisang diyakini mampu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Anda penderita darah tinggi atau hipertensi? ada baiknya anda mencoba mengonsumsi 5 jenis buah-buahan ini yang diyakini mampu menurunkan tensi darah.

Penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tetap perlu menjaga konsumsi makanannya, hal tersebut dimaksudkan agar tekanan darah tetap stabil.

Maka dari itu, ada beberapa makanan penurun darah tinggi yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Sejumlah buah-buahan memiliki manfaat sebagai penurun darah tinggi. Namun, hanya beberapa buah-buahan penurun darah tinggi yang bekerja secara alami dan paling cepat.

BACA JUGA:Anak Pinkan Mambo Mengaku Dilecehkan Ayah Tiri Sejak Umur 12 Tahun

Seperti dilansir dari media online, buah-buahan penurun darah tinggi alami ini bukan untuk menggantikan obat dokter, buah-buahan penurun darah tinggi ini hanya sebagai pelengkap untuk membantu pengobatan dokter

Berikut 5 buah yang mampu menurunkan darah tinggi secara alami

1. Buah Delima

Buah Delima atau yang biasa di sebut buahnya parah raja, meskipun saat ini cukup sulit untuk menemukannya di pasaran karena tidak banyak petani yang membudidayakannya, tapi menurut penelitian, mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah).

BACA JUGA:Asnawi Dikabarkan Gabung Liverpool? Cek Faktanya Disini!

Meski begitu, belum diketahui kandungan apa yang membuat buah delima dapat menurunkan tekanan darah, para peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol dalam buah inilah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh.

2. Buah Kiwi

Sebagian masyarakat mungkin asing dengan buah Kiwi, karena tidak semua toko buah menjual buan kiwi, namun mengonsumsi buah Kiwi yang memiliki berbagai nutrisi bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium.

Sebuah penelitian menemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat dari buah lainnya.

BACA JUGA:Jalan Tol Probowangi Sepanjang 177 KM Mangkrak, 4 Faktor Ini Menjadi Pemicunya

3. Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang 90 persen mengandung air, buah semangka juga sangat cocok dikonsumsi untuk kalian yang hendak melakukan program diet, tapi dibalik rasa manisnya semangat mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Buah penurun tensi dan mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

4. Buah Anggur

BACA JUGA:Sering Dianggap Sama, Tapi Nyatanya Berbeda, Ini 4 Perbedaan Es Cendol dan Es Dawet yang Jarang Diketahui!

Buah anggur ternyata juga kaya akan manfaat selain rasanya yang manis mengonsumsi buah anggur beserta biji-bijinya juga sangat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah tidak hanya itu saja Kandungan polifenol di anggur berguna untuk mengontrol tekanan darah.

Polifenol dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

5. Pisang

Pisang merupakan buahan yang kaya akan manfaat buah pisang biasanya konsumsi untuk menambah stamina, dan juga untuk memperlancar BAB apabila bermasalah dalam buang air besar, tidak banyak orang ketahui bahwa pisang adalah salah satu buah penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi.

BACA JUGA:Diluar Dugaan, 3 Jenis Batu Ruby Termahal di Dunia yang Pernah Terjual, Nomor 2 Disenangi Marcopolo

Kandungan kalium di dalam pisang membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah, anda dapat mengonsumsi pisang secara utuh di panggang terlebih dahulu.

Itulah 5 buah yang mampu menurunkan tekanan darah, tapi ingat selain mengonsumsi buah penurun darah tinggi, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, mengelola stres dengan baik, serta rutin berolahraga, pola hidup sehat itu penting, lebih baik mencegah dari pada mengobati. (frs) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: