Honda

Yuk Belajar Pendidikan Karakter Bareng Gen Z di Era Digital, Bersama Pelajar SMP di Kota Prabumulih

Yuk Belajar Pendidikan Karakter Bareng Gen Z di Era Digital, Bersama Pelajar SMP di Kota Prabumulih

Belajar Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital-doc-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Yuk guys belajar pendidikan karakter bareng Gen Z di era Digital, bersama pelajar SMP di Kota Prabumulih.

Webinar Literasi Digital dengan tema “Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital” kembali di gelar di Kota Prabumulih.

Kali ini kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar webinar literasi digital untuk sektor pendidikan wilayah Sumatera bagi siswa/siswi SMP di Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan. 

Dalam webinar kali ini bertemakan “Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital”.

BACA JUGA:Libatkan SD Se-Kabupaten Ogan Ilir, Webinar Literasi Digital Bahas Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital

Lalu untuk waktu pelaksanaannya akan digelar pada Selasa (8/8) pukul 09.00-11.00 WIB.

Program literasi digital ini diselenggarakan untuk bertujuan untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital. 

Kegiatan digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman, yaitu dengan menyuguhkan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya, dan dimana 191,4 juta penggunanya menggunakan media sosial.

BACA JUGA:Webinar Literasi Digital Bekali Pelajar SMPN 7 Prabumulih Sigap Hadapi Tantangan Hoaks dalam Dunia Pendidikan

Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat. 

Hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5. 

Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: