Honda

Libatkan SD Se-Kabupaten Ogan Ilir, Webinar Literasi Digital Bahas Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital

Libatkan SD Se-Kabupaten Ogan Ilir, Webinar Literasi Digital Bahas Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital

Webinar yang bertajuk tema “Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital” akan dilaksanakan pada Rabu, 17 Mei 2023 pukul 10.00-12.00 WIB.--kemenkominfo ri

OGAN ILIR Lihat pantarlih mondar mandir. Dari Prabumulih, kini webinar literasi digital digelar di OGAN ILIR.

Kemenkominfo RI kali ini menjalin kolaborasi dengan beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan webinar literasi digital Sektor Pendidikan. 

Webinar yang bertajuk tema “Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital” akan dilaksanakan pada Rabu, 17 Mei 2023 pukul 10.00-12.00 WIB.

Runner Literasi Digital Wilayah Sumatera Selatan, Suryati Ali mengemukakan, kegiatan literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo di lingkungan Pendidikan ini merupakan salah satu upaya dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital. 

BACA JUGA:Literasi Digital Kemenkominfo Ajak Pelajar SD di Kota Prabumulih Kenali dan Setop Cyberbullying

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. 

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman, yaitu menyampaikan materi 4 pilar utama literasi digital yakni kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital,” beber Suryati.

Berdasarkan laporan We Are Social sambung Suryati, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya, dan di mana 191,4 juta penggunanya menggunakan media sosial. 

Hanya saja penggunaan internet ini justru menimbulkan berbagai efek samping, sehingga peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat. 

BACA JUGA:Simak! Info Penting Bagi Pemilik Kendaraan Bermotor

Hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5.

“Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang,” cetus Suryati. 

Sebagaimana Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik.

“Angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” imbuh Suryati mengutip perkataan Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkominfo