Honda

Jalan Tol Indraprabu Segera Beroperasi, Akses Tol di Sumsel Makin Panjang

Jalan Tol Indraprabu Segera Beroperasi, Akses Tol di Sumsel Makin Panjang

Jalan Tol Indralaya –Prabumulih (Indraprabu) sepanjang 64,5 Km telah rampung 100% dan siap dioperasikan-PT Hutama Karya-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Masuk di triwulan III-2023, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) siap mengoperasikan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yaitu Jalan Tol Indralaya –Prabumulih (Indraprabu) sepanjang 64,5 Km.

Dibangun sejak pertengahan tahun 2019, konstruksi jalan tol ini telah rampung 100% dan telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada bulan Juli lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa dikeluarkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 872/KPTS/M/2023 pada akhir juli lalu, maka Jalan Tol Indralaya – Prabumulih sudah siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat.

“Sebelumnya, jalan tol ini telah kita fungsionalkan secara khusus untuk mendukung arus mudik lebaran 2023. Antusiasme masyarakat yang cukup besar, menjadi komitmen Hutama Karya untuk memastikan pemenuhan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna jalan tol.

BACA JUGA:SELAMAT! Pemilik BPJS KIS Bisa Dapat Uang Rp600.000 Agustus 2023, Cek Syarat dan Ketentuan di Sini

Hal ini didukung dengan dilakukannya serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) yang telah dilakukan juga pada bulan Juni lalu,” ujar Tjahjo.

Secara keseluruhan, jalan tol yang dirancang dengan kecepatan 100 km/jam ini dilengkapi dengan 2 simpang susun,18 jembatan, serta bangunan pendukung jalan tol yaitu 2 rest area. 

Diperkirakan jika melalui tol ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih, dimana jika menggunakan jalan arteri akan menghabiskan waktu mencapai 2 jam. Hal ini kemudian juga dapat mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih menuju Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.

Terpisah, Gubernur Sumatra Selatan, H Herman Deru, dalam keterangan resmi yang dilansir dari Sumselprov.go.id saat meninjau Jalan Tol Indralaya – Prabumulih, pada Senin (16/1) lalu, mengatakan bahwa percepatan Jalan Tol Indralaya – Prabumulih penting dilakukan. 

BACA JUGA:5 Wajah Baru di Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 2023: Ada Supersub Persita

Hal itu mengingat kebutuhan jalan tol di Sumatra Selatan sudah cukup tinggi.

“Saya lihat progres pembangunan jalan tol ini tepat waktu.

Bahkan, beberapa jembatan penghubung jalan tol ini juga telah dibangun,” pungkas Herman.

Konstruksi Jalan Tol Indralaya – Prabumulih telah dilakukan oleh anak usaha Hutama Karya, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sejak pertengahan tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: