Honda

Pertama di Indonesia! Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Raih Akreditasi Unggul, Apa Keunggulannya?

Pertama di Indonesia! Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Raih Akreditasi Unggul, Apa Keunggulannya?

Pertama di Indonesia! Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Raih Akreditasi Unggul, Apa Keunggulannya?-Foto: Tim Humas UIN Raden Fatah for Palpres.com-

BACA JUGA:9 Jurusan yang Paling Diincar Perusahaan Start Up, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Ada Jurusanmu?

“Data yang disajikan BAN PT menyebutkan bahwa Program Studi Jurnalistik UIN Raden Fatah saat ini mendapatkan akreditasi unggul pertama di Indonesia untuk penilaian kriteria sembilan,” ujar Dr Syahril.

Lebih Lanjut kata Dr. Syahril, ada sembilan prodi yang telah mendapatkan akreditasi unggul dengan penilaian terbaru memakai kriteria sembilan di lingkungan UIN Raden Fatah.

Seperti Pascasarjana (S2) yang telah unggul yaitu Prodi pendidikan Agama Islam, serta Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Sementara untuk jenjang sarjana (SI) yaitu Prodi Jurnalistik, Aqidah dan Filsafat Islam, Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Politik Islam, Ilmu Perpustakaan, dan Pendidikan Biologi.

BACA JUGA:PTN dan PTS dengan Fakultas Biologi Terbaik di Indonesia, Ada di Kampus QS WUR 2024, Minat?

Untuk akreditasi A dengan hasil penilian menggunakan standar tujuh oleh BAN-PT berjumlah 15 program studi, dan ke 15 program studi tersebut akan di konversi dengan menggunakan penilaian kriteria sembilan ke BAN PT.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah, Dr. Nurseri Hasnah Nasution, menuturkan, Prodi Jurnalistik dalam pembelajarannya menyajikan matakuliah berbasis keprodian dengan ciri khas jurnalistik profetik.

Dr Nurseri menjelaskan Indonesia adalah negara yang plural yang terdiri dari banyak suku, ras, budaya, dan agama.

Maka ciri khas jurnalistik profetik bukan dalam makna ideologi Islam, tapi mengakat karakteristik kenabian yang bersifat universal.

BACA JUGA:Mitos dan Fakta Jurusan Akuntansi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Simak!

“Mahasiswa juga belajar praktik langsung di laboratorium yang dimiliki Prodi Jurnalistik, yaitu di Kolasi TV, laboratorium sinematografi, dan laboratorium fotografi,” ungkap Dr Nurseri didampingi Sekretaris Prodi, Jufrizal, M.A.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: