Honda

Sejarah Batu Akik Pandan, Pakaian Jawara Betawi dan Sudah Terkenal Sejak Zaman Belanda

Sejarah Batu Akik Pandan, Pakaian Jawara Betawi dan Sudah Terkenal Sejak Zaman Belanda

Sejarah batu akik pandan, pakaian jawara Betawi --

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Jika beberapa daerah seperti Maluku memiliki akik bacan dan Garut memiliki pancawarna, masyarakat Jakarta Betawi bahkan sejak ratusan tahun lalu sudah punya akik Pandan.

Bukan sembarang Pandan, konon ada tiga versi berbeda menyebut asal usul penamaan akik pandan.

Pertama nama pandan diambil dari struktur bentuk daun pandan yang lonjong Ovale makanya bentuk akik Ovale yang sudah terkenal sejak zaman Belanda.

Itu kemudian disebut api pandan kedua dilihat dari warnanya yang identik keruh sedangkan yang ketiga diadopsi dari bahasa Belanda.

BACA JUGA:5 Jenis Bunga Mawar Paling Diburu Kolektor Tanaman Hias, Nomor 3 Sangat Tahan Penyakit  

Sejumlah literasi menyebut jenis akik pandan dibedakan berdasarkan corak dan warna, ada batu pandan sutra, pandan nenas, pandan suji, pandan kapas, pandan merah, pandan Sule, pandan rudal, pandan oli, pandan babon serta pandan lumut semut.

Kualitas jenis akik ini cukup baik, jika diukur tingkat kekerasannya bisa mencapai 7 skala moss atau sama dengan batu bacan yang selama ini sangat tersohor sebagai batu yang dianggap bernyawa.

Keistimewaan lain dari akik pandan yakni kepercayaan yang berkembang di masyarakat, batu pandan dipercaya untuk daya tarik pengasihan atau pemikat untuk keharmonisan dalam hubungan rumah tangga dan kelanggengan pertemanan.

Selain itu batu pandan dipercaya sebagai media untuk pengobatan secara fisik diantaranya untuk membantu meringankan beberapa penyakit, seperti penyakit yang berkenaan dengan pencernaan ginjal paru-paru asma penyakit tulang di lain-lain.

BACA JUGA:Bungur Tanjung Bintang, Batu Akik dari Lampung yang Begitu Fenomenal dan Indah

Karena keyakinan itulah sudah sejak masa silam para jawara Betawi kerap mengenakan akik pandan di jari tangannya, bukan hanya sebentar cincin tapi bisa tiga hingga delapan cincin.

Terlepas dari kepercayaan sebagai orang akan khasiat batu akik jenis batu pandan dengan beraneka jenis dan warna memang cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan seperti mata cincin kalung liontin atau jenis perhiasan lain, demikian sedikit informasi keistimewaan batu akik pandan. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: