Honda

Sekolah Polisi di Kalimantan Utara Resmi Beroperasi, Dapat Hibah Pemerintah Daerah Sebesar Rp47 Miliar

Sekolah Polisi di Kalimantan Utara Resmi Beroperasi, Dapat Hibah Pemerintah Daerah Sebesar Rp47 Miliar

SPN di Kalimantan Utara yang resmi beroperasi pada Juli 2023-Net-

PALPRES.COM - Sebagai salah satu provinsi termuda di Indonesia, Kalimantan Utara ternyata telah mempersiapkan pendidikan bagi calon polisi.

Lokasinya di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau dan menjadi satu-satunya sekolah polisi di Kalimantan Utara yang resmi beroparasi.

Sekolah ini telah resmi beroperasi pada Juli 2023 dan menjadi lokasi dibukanya pendidikan Bintara Polri Gelombang II tahun 2023.

Dengan hadirnya Sekolah Polisi Negara (SPN) di Kalimantan Utara, diharapkan dapat memberikan harapan baru bagi warga Kalimantan Utara, terutama anak-anak di daerah perbatasan dan pedalaman.

BACA JUGA:Dari Mumbai Hingga Dubai, Inilah 10 Kota yang Sering Dikira Ibu Kota Negara Padahal Bukan!

Untuk pembangunannya sendiri tidak terlepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat setempat, terutama Pemerintah Kabupaten Malinau dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Informasinya, pembangunan SPN ini mendapatkan dana hibah sebesar Rp47 miliar dari pemerintah setempat.

Dana anggaran yang dialokasikan Pemda Malinau sebesar Rp18,1 miliar dan tambahan dari Pemprov Kalimantan Utara sebesar Rp15 miliar.

Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan kontruksi, pengawasan dan juga pengelolaan sekolah, seperti pengelolaan listrik, air yang dinilai cukup besar.

BACA JUGA:10 Jurusan Favorit di Universitas Brawijaya, PTN TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Pendidikan di SPN Polda Kalimantan Utara dibagi menjadi 2 gelombang, dengan gelombang II tahun 2023 akan melibatkan 331 siswa Bintara Polri.

Sementara gelombang I tahun 2024 direncanakan melibatkan 254 siswa Bintara Polri dan terus mengalami peningkatan di tahun berikutnya.

Akan tetapi, sekolah yang belum genap 1 tahun ini, calon peserta didik yang diterimanya malah mengalami peningkatan yang sebelumnya kurang dari 300 menjadi 604 siswa.

Polda Kalimatan Utara yang meyatakan pihaknya akan melakukan penambahan kuota penerimaan Polri di Kalimantan Utara tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: