Honda

Menyehatkan! 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Jantung Kamu Sehat, Apa Saja Ya?

Menyehatkan! 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Jantung Kamu Sehat, Apa Saja Ya?

5 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Jantung Kamu Seha-Freepik-

BACA JUGA:Wajib Tahu, Manfaat Kejutan Telur Untuk Kesehatan dan Jantung Anda

3. Alpukat

Buah selanjutnya yang masuk dalam kelompok makanan sehat untuk jantung adalah alpukat. 

Buah ini mengandung senyawa lipofilik, yaitu senyawa yang dapat larut dalam lemak seperti polifenol, pitosterol, karotenoid, squalene, vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal.

Kelompok senyawa tersebut dapat diandalkan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak yang menyebabkan penyakit jantung.

 

4. Yogurt

Sebuah studi menyatakan bahwa yogurt dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa dengan riwayat hipertensi. 

Hal ini mengacu pada penyebab sakit jantung yang seringkali diakibatkan adanya hipertensi.

Nah, yogurt menjadi makanan sehat untuk jantung karena mengandung kalium, kalsium  dan magnesium, di mana tingginya kadar kalium pada yogurt  dapat menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung sekaligus pembuluh darah.

Saat mengonsumsi yogurt, usahakan Anda memilih yogurt rendah lemak atau bisa juga memadukannya dengan sayuran hijau dan buah agar manfaatnya bagi tubuh lebih optimal.

BACA JUGA:Sekali Klik Langsung Cair Saldo DANA Gratis Rp350 Ribu, Yuk Serbu Sekarang Juga!

5. Tomat

Tomat mengandung senyawa penting seperti karotenoid, kalsium, vitamin A dan asam gamma-aminobutyric yang menjadikannya makanan sehat untuk jantung. 

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jus tomat tawar dalam 8 minggu mampu menurunkan kadar trigliserida, yaitu jenis lemak yang dapat menyebabkan penyakit aterosklerosis (penyempitan pembuluh arteri akibat penumpukan plak). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: