Honda

8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?

8 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Kemenhub, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Berminat?--Sumber: Freepik

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah di UGM dengan Biaya UKT Paling Murah, PTN TOP QS WUR 2024

Posisi pada jurusan ini mencakup Analis Kesyahbandaran, Pengawa Kapal Asing (PSCO), Pengadministrasian Kedatangan dan Pemberangkatan Kapal, dan lainnya.

Namun, sayangnya tidak ada kampus QS WUR 2024 yang menyediakan Jurusan Nautika.

Jurusan ini ada di Universitas Hang Tuah, Akademi Maritim Yogyakarta, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Pelayaran Surabaya.

5. Hukum

BACA JUGA:5 Jurusan Terfavorit yang Ada di IPB, Kampus Terbaik versi QS WUR 2024, Minat Masuk?

Berikutnya ada jurusan Hukum yang menjadi jurusan favorit pelajar karena memiliki peluang kerja yang luas, termasuk pada lembaga Kemenhub.

Beberapa posisi yang dapat diisi oleh lulusan Hukum antara lain ada Perancang Peraturan Perundang-undangan, Penyusun Bahan Kebijakan, Penyusun Bahan Bimbingan Teknis, dan lainnya.

Berikut PTN Indonesia versi TOP QS WUR 2024 yang memiliki jurusan Hukum diantaranya ada UI, UGM, UB, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Airlangga.

6. Akuntansi

BACA JUGA:5 Jurusan Sepi Peminat di Universitas Brawijaya Tapi Prospek Kerja Menjanjikan, Kampus QS WUR 2024

Jurusan Akuntansi tak jarang dianggap sebagai jurusan yang sangat ketat, tetapi lulusannya tentu akan mempunyai peluang atau prospek karir yang besar.

Seperti pada penerimaan CPNS Kemenhub, yang biasanya membutuhkan posisi lulusan Akuntansi sebagai Analis Perencanaan Anggaran, Verifikator Keuangan, Pengelola Keuangan, Analis Sistem Akuntansi Instansi, dan masih banyak lagi.

Banyak kampus yang menyediakan Jurusan Akuntansi di Indonesia, baik PTN maupun PTS, seperti kampus terbaik versi QS WUR 2024 yaitu UI, UGM, UNAIR, dan UNS.

7. Manajemen

BACA JUGA:4 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Desain Interior Terbaik Versi BAN-PT, Apa Saja Keunggulannya?

Kementerian Perhubungan memiliki kebutuhan terhadap lulusan jurusan Manajemen, seperti dalam seleksi CPNS tahun 2021, ada banyak posisi yang mensyaratkan kualifikasi dalam bidang ini.

Beberapa posisi di antaranya meliputi bidang Penelaah Tarif Angkutan Barang dan Multimoda, Pengelola Keuangan, Pemeriksa Laporan dan Transaksi Keuangan, Pengolah Data Informasi dan Hukum, serta beberapa posisi lainnya.

Beberapa PTN QS WUR 2024 yang menyediakan Jurusan Manajemen adalah UI, UGM, UNAIR, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

8. Ekonomi

BACA JUGA:Daftar Fakultas dan Jurusan di Binus PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024

Ada banyak posisi dalam Kemenhub bagi lulusan Ekonomi seperti Analis Perencanaan Anggaran, Pengelola Keuangan, Analis Laporan Hasil Audit, dan masih banyak posisi lainnya.

Nah, jika kamu berminat menempuh jurusan Ekonomi, tentu banyak kampus yang menyediakan. Namun, untuk PTN TOP QS WUR 2024, diantaranya ada UI, UGM, UNAIR, UB, dan masih banyak lagi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: