Honda

Benarkah Bumi Itu Bulat? yuk Cek Faktanya

Benarkah Bumi Itu Bulat? yuk Cek Faktanya

Fakta tentang bentuk bumi--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Tata surya kita sekitar 4,6 miliar tahun lalu masih terdiri dari awan, debu, nebula dan gas, dimana bumi juga planet lainnya terbentuk karena ada gaya gravitasi yang menarik materi-materi di angkasa menjadi satu.

Materi itu lalu berputar terus hingga membentuk gumpalan yang jadi cikal bakal terbentuknya benda-benda langit seperti matahari, planet-planet, bulan dan berbagai benda langit lainnya.

Inti bumi dipercaya merupakan batuan dan berbagai materi pada tiang menggumpal dan mengikat di bagian pusatnya.

Sedangkan materi yang massanya lebih ringan akan berkumpul dan membentuk kerak bumi, massa bumi yang terus bertambah karena materi-materi yang tertarik ke dalamnya semakin menguatkan gaya gravitasinya.

BACA JUGA:Gak Perlu ke Singapura, Kini Replika Gardens by The Bay Ada di Klaten, Jarak dari Semarang 116,5 km

Materi-materi yang ada di bumi akan ditarik menuju ke bagian inti bumi dan membentuk bola dari sinilah jawaban dari pertanyaan kenapa bumi bisa berbentuk bulat seperti bola.

Ya adanya gaya gravitasi yang meliputinya menciptakan bumi berbentuk bulat seperti yang kita kenal hari ini, meski begitu sebenarnya bumi nggak punya bentuk bulat yang sempurna, jika dilihat dari angkasa mungkin benar bumi terlihat bulat mirip bola, tapi jika diperhatikan dengan seksama bentuk asli bumi adalah ellipsoid di bagian porosnya cembung di bagian khatulistiwa.

Karena bumi berotasi secara konstan tercipta gaya sentrifugal yang membuat bumi punya bentuk lebih lebar di bagian garis khatulistiwanya daripada di bagian kutubnya.

Selain itu permukaan bumi yang asl tidak bulat mulus, melainkan tidak merata, hal ini bisa terjadi karena ada pegunungan yang menjulang tinggi dan adanya cekungan membentuk palung di lautan bumi juga punya bentuk yang tidak statis atau terus berubah bentuk.

BACA JUGA:Lengkap dengan Nomor Telponnya! Ini 3 Tempat Service AC Paling Amanah di Kota Palembang

Salah satu faktor yang mempengaruhi situasi ini misalnya pasang surut air lautnya, tidak sampai di situ bumi juga terus bergerak karena lempeng tektoniknya terus aktif. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: