Honda

WADUH! Tim Satgas Karhutla OI Kesulitan Air untuk Padamkan Api

WADUH! Tim Satgas Karhutla OI Kesulitan Air untuk Padamkan Api

Tampak salah seorang petugas di Ogan Ilir, tampak memperhatikan kobaran api yang membakar ilalang kering di depannya -Wijdan-

INDRALAYA, PALPRES.COM - Makin hari kebakaran Lahan di Kabupaten Ogan Ilir kian  tak terkendali, ini tak lepas dari musim kemarau yang berkepanjangan saat ini.

Hal ini diperparah dengan sumber air untuk memadamkan api di lokasi kebakaran sudah mengering alias habis, bahkan air di embung dan kanal buatan untuk sumber air juga sudah kering.

"Tim Satgas saat ini kesulitan air, karena dari sumber yang ada di lokasi kebakaran, saat ini tidak ada lagi karena kering. 

Jadi kami harus keliling dulu mencari sumber air, ini memakan waktu dan menghambat pemadaman api," terang Kalaksa BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat.

BACA JUGA:Senin Depan Ada Dana Rp400.000 Masuk ke Rekening Penerima BLT, Simak Penjelasannya!

Dikatakan dia, sumber air terdekat hanya berada di kolam buatan di Palemraya yang cukup melimpah. "

Tapi tidak bisa kita ambil, karena dikelilingi pagar besi, tidak tahu milik siapa," ungkapnya.

Siapapun pemilik kolam buatan dekat atau samping Tol Palembang-Indralaya di KM 17 atau 18 tersebut, pihaknya meminta kerendahan hati pemiliknya untuk membuka pagar.

"Tolong sampaikan Pak, kalau milik pihak tol, tolong diberi akses jalan untuk kita mengambil air di kolam tersebut, ini untuk kepentingan masyarakat banyak," harap Edi Rahmat.

BACA JUGA:HATI-HATI! Jalintim Palembang-Indralaya Tertutup Asap Pekat, Karhutla di OI Makin Meluas

Hal ini juga sudah disampaikannya saat apel operasi stop Karhutla langsung depan Kapolres Ogan Ilir, Ketua DPRD Ogan Ilir, Asisten I Setda Pemkab Ogan Ilir, pihak Kejari, dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Semalam juga kita kesulitan air dalam pemadaman disamping kanan kiri jalan tol, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB dini hari," tukasnya.

Sebelumnya, kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Ilir terjadi di wilayah Kecamatan Indralaya Utara tepatnya di Simpang KTM Rambutan, Rabu 13 September 2023.

Tim Satgas gabungan dari Manggala Agni, BPBD, TNI, dan Polri berjibaku memadamkan api sejak siang hari hingga sore ini yang masih berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com