Honda

WARGA PANIK! Karhutla di OI Mulai Ancam Pemukiman, 4 Rumah Nyaris Terbakar

WARGA PANIK! Karhutla di OI Mulai Ancam Pemukiman, 4 Rumah Nyaris Terbakar

Perabot dan barang-barang rumah tangga tampak berserakan, gegara dikeluarkan oleh warga yang panik akibat karhutla mulai mengacam pemukiman mereka.-Wijdan-

INDRALAYA, PALPRES.COM - Kebakaran lahan mulai mengancam pemukiman warga di Desa Ibul Besar Satu, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Kamis 14 September 2023.

Ada empat rumah yang nyaris terbakar di daerah ini, saat kejadian.

Bahkan saking paniknya, penghuni rumah berusaha mengeluarkan perabotan rumah tangganya untuk menghindari amukan Si Jago Merah yang melahap lahan disekitar rumahnya.

Terlihat api dan kepulan asap dari karhutla, sudah mengitari pemukiman warga yang terbuat dari kayu yang mudah terbakar ini. 

BACA JUGA:Kabar Gembira, 3 BLT Plus Bansos Tambahan Ini Cair Serentak September, Berikut Cara Pengajuannya!

Kada Ops Manggala Agni Banyuasin, Maulidin mengatakan, bahwa untuk hari ini saja terpantau ada dua titik api yang cukup besar.

"Angin kencang membuat api memakan dari satu lahan ke lahan lain, dan sudah cukup sulit melakukan pemadaman," ungkapnya.

Tampak terlihat juga, tak hanya warga setempat yang dewasa ikut mematikan api, emak-emak dan anak-anakpun ikut turun tangan berjibaku berupaya menjinakkan si jago merah.

"Mereka takut rumah mereka terbakar, meskipun kita sudah berupaya mematikan titik apa dekat pemungkim, mereka tetap membantu kita," terangnya.

BACA JUGA:HINDARI! 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Tubuh Anda Gendut

Terpisah, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat membenarkan ada kebakaran lahan yang nyaris merambah pemukiman warga.

"Alhamdulillah, saat ini sudah diatasi tim Satgas, tidak ada rumah warga yang terbakar.

Cuman warga panik saja, jadi mengeluarkan perabotan rumah tangganya," jelasnya.

Saat ini katanya tim Satgas Karhutla yang terdiri dari Manggala Agni, BPBD, TNI dan Polri terus berupaya memadamkan api yang masih berkobar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com