Honda

Cek NIK Kamu Disini! Ada BLT Rp1.500.000 Bagi 10 Juta Penerima, Cair Senin Ini

Cek NIK Kamu Disini! Ada BLT Rp1.500.000 Bagi 10 Juta Penerima, Cair Senin Ini

Ilustrasi -Dok Palpres-palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) bersiap untuk menyebarkan bantuan sosial (bansos) yang akan membantu ribuan keluarga di seluruh negeri. 

Pada pertengahan bulan September ini, sejumlah program bansos akan disalurkan untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah tantangan ekonomi yang masih berlanjut.

Program bansos yang akan disalurkan mencakup Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Sembako sebesar Rp200.000 per bulan, Bansos Atensi YAPI (Yatim Piatu), dan Bansos PKH (Program Keluarga Harapan), sesuai dengan perhitungan yang telah ditentukan.

Bantuan ini akan disalurkan melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui kerja sama dengan Pos Indonesia, dan akan mencakup 81 daerah yang memiliki akses sulit di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Penerima Bansos PKH dan BPNT Siap-Siap Terima Dana Tambahan Rp1 Juta di Bulan September Ini, Buruan Cek Namamu

BACA JUGA:INFO PENTING! Surat Resmi Kemensos Sudah Keluar, Bansos PKH Tahap 4 dan 5 Cair di Tanggal Ini

Ini akan memberikan dukungan finansial yang sangat dibutuhkan, bagi keluarga yang terdampak secara ekonomi.

Terlebih lagi, pada Senin ini, akan disalurkan BLT PKH dalam termin (gelombang) ke-8 yang menyasar 10 juta penerima. 

Fokus penyaluran pada termin ini adalah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) susulan, yang belum menerima bantuan sejak termin pertama. 

Dalam bansos PKH ini, masing-masing keluarga dapat menerima bantuan sesuai dengan kategori dan status mereka, dengan batasan maksimal 3 penerima dalam satu keluarga yang berstatus kandung dengan pengurus.

BACA JUGA:KPM Terima Sejumlah Bantuan Sosial Secara Serentak di Bulan September 2023, Mulai PKH, PIP, Hingga Beras 10 Kg

BACA JUGA:Aturan Baru Kemensos, Masa Kepesertaan KPM Bansos PKH Hanya 5 Tahun, Bisa Diperpanjang? Cek Faktanya

Besarnya bantuan juga bervariasi, di mana lansia dan disabilitas akan menerima BLT sebesar Rp2.400.000 per tahun, sementara balita dan ibu hamil akan mendapatkan Rp3.000.000 per tahun. 

Anak-anak sekolah juga mendapatkan dukungan, dengan besaran bantuan sebesar Rp900.000 untuk SD, Rp1.500.000 untuk SMP, dan Rp2.000.000 untuk SMA per tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: