Honda

Kapolda Sumsel Apresiasi PT BMH Atas Upaya Penanganan Karhutla di Wilayah OKI

Kapolda Sumsel Apresiasi PT BMH Atas Upaya Penanganan Karhutla di Wilayah OKI

Kapolda Sumsel saat turun langsung ke wilayah Tulung Selatan OKI guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol A Rahmad Wibowo melakukan pemantauan udara di lokasi titik api di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu 4 Oktober 2023.

Jenderal Bintang 2 tersebut mengintruksikan pembuatan embung untuk sumber air pemadaman kebakaran lahan di kawasan tersebut, seperti yang dilakukan PT Bumi Mekar Hijau (BMH).

Partoli udara dilakukan dengan menggunakan helikopter Dolphin P-3102 guna memantau dan mengetahui secara langsung perkembangan titik api yang masih terjadi di wilayah Kabupaten OKI, sekaligus mencari solusi pemadaman titik api di wilayah tersebut.

Bukan hanya mengecek titik api, orang nomor 1 di Polda Sumatera Selatan itu juga melakukan pengecekan rumah seorang warga yang terdampak karhutla, pengecekan lahan perusahaan plasma termsuk pengecekan smber air untuk pemadaman api.

BACA JUGA:Bupati Iskandar Lantik 69 Pejabat OKI, Berikut Ini Nama Beserta Jabatannya

BACA JUGA:RESMI! 3 BLT Kemensos Ini Cair Serentak Lewat Rekening, Begini Cara Dapatnya

Pada kesempatan itu, Kapolda memberikan arahan dalam pertemuan di Kantor Camat Tulung Selapan OKI.

Salah satunya arahan untuk pembuatan embung yang ukuranya cukup untuk cadangan pengambilan air heli waterbombing agar memudahkan dalam melaksanakan pemadaman.

Kapolda mengingatkan beberapa hal yang harus dioptimalisasi antara lain  pembuatan embung atau kantong-kantong air, selalu semangat bergotong royong dalam penanganan karhutla.

Beliau juga meminta saling mengingatkan dalam mengedukasi untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan, yang mengakibatkan polusi udara dan asap yang merusak ekosistem lingkungan hidup sekitarnya.

BACA JUGA:KPM PKH dan BPNT Full Senyum, SP2D Bansos Oktober Sudah Turun, Ini Tanggal Pencairannya

BACA JUGA:PT BMH Gelar Pengobatan dan Khitanan Massal Gratis, Tulung Seluang Bebas Api

Pada kesempatan lain, Kapolda Sumsel juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak, termasuk perusahaan yang turut terlibat dalam pemadaman karhutla meski bukan di wilayah mereka.

"Terima kasih kepada korporasi yang sangat membantu meski kebakaran itu bukan di wilayah konsesinya, seperti PT BMH dari grup Sinar Mas yang mengirimkan lima heli waterbombing, masker dan pompa air,' ujar Kapolda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: