Honda

Antisipasi Karhutla, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Cek Embung Air

Antisipasi Karhutla, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Cek Embung Air

Pengecekan embung air oleh anggota Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor--

OKI, PALPRES.COM- Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor BKO Polres Oki dalam rangka Ops Stop Karhutla Musi-2023 dipimpin Aiptu Afrian Hardensi terus melaksanakan pencegahan karhutla di wilayah Kecamatan   Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir, salah satunya dengan melakukan pengecekan Embung Air di Kawasan PT. Kelantan Sakti Desa Jungkal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI, Rabu, 18 Oktober 2023.

Aiptu Afrian Hardensi mengatakan, pengecekan embung air ini sebagai langkah antisipasi apabila terjadi Kebakaran hutan dan lahan, perlengkapan maupun alat yang akan di gunakan untuk memadamkan api tidak akan berguna apabila tidak ada tersedianya sumber air.

Selain melakukan pengecekan embung air kami juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Hati-hati terutama kepada perokok, jangan membuang puntung rokok yang masih menyala di sembarang tempat, apapun yang dapat menimbulkan api sangat berbahaya, pastikan puntung rokok maupun sisa pembakaran dalam keadaan benar-benar padam sebelum membuang atau meninggalkannya," pesannya.

BACA JUGA:Kejar Opini WTP Ke- 13, Pemkot Lubuklinggau Berharap Bimbingan dan Arahan BPKP Perwakilan Sumsel

Sementara Itu, Danyon Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor AKBP Andiyano SKM mengatakan, kegiatan Pengecekan embung air di wiyalah PT. Kelantan Sakti merupakan suatu upaya antisipasi terhadap potensi karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di wilayah Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dalam kegiatan ini, embung penampungan air yang ada di PT. Kelantan Sakti diperiksa secara seksama. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa embung ini berfungsi dengan baik dan dapat mengamankan pasokan air di wilayah Kecamatan Pampangan

Dalam rangka menjaga keamanan dan mencegah terjadinya kebakaran, Personel dilapangan akan terus aktif melaksanakan langkah-langkah pencegahan dengan melakukan pengecekan embung penampungan air, Embung penampung air ini memiliki peran penting dalam menjaga ketersediaan air yang dapat digunakan untuk pemadaman jika terjadi kebakaran.

Selanjutnya AKBP Andiyano SKM menyampaikan, hasil dari pemeriksaan embung penampung air ini akan menjadi dasar untuk dilakukannya tindakan perawatan atau perbaikan jika ditemukan kondisi yang memerlukan peningkatan, porsonel juga akan terus melakukan pemantauan dan patroli rutin untuk menjaga keandalan embung dan memastikan kesiapan dalam menghadapi potensi kebakaran.

BACA JUGA:Berharap Hujan Turun, Pejabat dan ASN Pemkot Lubuklinggau Ramai-ramai Salat Istisqa

AKBP Andiyano SKM juga mengingatkan kepada personel untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu menjaga keselamatan satu sama lain pada saat pelaksanaan tugas dilapangan. Laksanakan patroli rutin ke daerah-daerah yang dianggap rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta berikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan yang mengakibatkan polusi udara dan asap hingga merusak ekosistem dan lingkungan hidup sekitarnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: