Honda

4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut, Kebiasaan Sehat, Sunnah Rasulullah yang Mulai Dilupakan

4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut, Kebiasaan Sehat, Sunnah Rasulullah yang Mulai Dilupakan

4 Manfaat Siwak-kolase-

PALEMBANG, PALPRES.COM – 4 manfaat siwak bagi kesehatan gigi dan mulut, kebiasaan sehat, Sunnah Rasulullah yang mulai dilupakan.

Bersiwak ialah salah satu sunnah Rasulullah SAW yang merupakan pekerjaan ringan namun memiliki banyak manfaat.

Siwak atau miswak adalah tongkat kunyah tradisional yang terbuat dari akar, ranting, dan batang dari tumbuhan Salvadora persica.

Siwak adalah bagian dari syariat Islam. 

BACA JUGA:Simak, Manfaat Sikat Gigi Siwak Sesuai Anjuran Nabi Muhammad ini!

Yang dimaksud siwak adalah menggunakan kayu atau sejenisnya untuk membersihkan kotoran dan warna kuning yang menempel pada gigi dan gusi dan menghilangkan baunya. 

Bersiwak bisa dengan kayu semisal kayu arok, zaitun, tangkai kurma, atau kayu jenis lain yang tidak mudah hancur dan tidak melukai mulut. 

Di dalam Al Mulakhos al Fiqhy, Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, Siwak menurut istilah para ulama yaitu kegiatan menggunakan ranting atau yang semacamnya untuk membersihkan gigi.

Dengan demikian, kata “Siwak” yang mendatangkan ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam hadits utama di atas lebih relevan diartikan sebagai (ber)siwak atau aktifitas menggosok gigi, bukan kayu siwaknya itu sendiri. [Syarah Sunan An-Nasa’i].

BACA JUGA:BUKAN IKLAN, 5 Rekomendasi Pasta Gigi Buat Atasi Gigi Kalian yang Sensitif, Nomor 1 Terlaris!

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat menggalakkan kebersihan mulut sebagai alat untuk munajat (berbisik) kepada Allah. 

Beliau bersabda, “Seandainya tidak memberatkan atas umatku (atau; atas manusia), sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak melaksanakan shalat.” (HR. Al-Bukhari).

Berikut beberapa manfaat siwak bagi kesehatan gigi dan mulut.

1. Mencegah Peradangan Gusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: