Honda

Salah Satu Stadion Terbesar di Dunia, Ikon Sejarah Olahraga Indonesia, Kapasitasnya 80.000 Penonton

Salah Satu Stadion Terbesar di Dunia, Ikon Sejarah Olahraga Indonesia, Kapasitasnya 80.000 Penonton

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) -Wikipedia-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Gelora Bung Karno yang juga dikenal sebagai GBK, merupakan sebuah kompleks olahraga yang terletak di Jakarta, Indonesia.

Nama Gelora Bung Karno diambil dari nama Presiden pertama Indonesia yaitu Sukarno, yang juga dikenal dengan sebutan "Bung Karno".

Kompleks ini adalah salah satu tempat olahraga terbesar di Asia Tenggara, dan telah menjadi ikon penting dalam sejarah olahraga Indonesia.

Konstruksi Gelora Bung Karno dimulai pada tahun 1960, dan selesai pada tahun 1962 untuk menyambut penyelenggaraan Asian Games ke-4 yang berlangsung pada tahun yang sama.

BACA JUGA:Ada Bansos Modal Usaha Rp6.000.000 Kuota Terbatas, Berminat? Daftar di Sini

BACA JUGA:HORE! 3 Bansos Kemensos Cair Serentak Hari Ini, Segera Ambil di Kantor Pos

Bersamaan dengan itu, stadion yang menjadi bagian dari kompleks GBK yang dikenal sebagai stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) juga diresmikan.

SUGBK adalah salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas lebih dari 77.000 penonton.

Stadion ini menjadi saksi berbagai peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, termasuk Pesta Olahraga Asia 1962 Konferensi Asia-Afrika tahun 1965 serta berbagai pertandingan sepak bola internasional dan konser musik terkenal.

Selain stadion utama kompleks GBK juga mencakup beberapa fasilitas olahraga lainnya, seperti Istora Senayan (venue bulutangkis Lapangan Tembak Senayan (venue olahraga menembak dan Lapangan D (venue sepak bola renang atletik dan upacara peringatan).

BACA JUGA:Batas Pencairan Bansos PKH dan BPNT Hingga 30 Oktober 2023, Dana Bantuan Cair untuk 2 Bulan

BACA JUGA:Masyarakat Miskin Bakal Terima Dana BLT Senilai Rp600.000 Cair di Tanggal Ini, Asalkan Penuhi 5 Syarat Berikut

GBK juga memiliki nilai sejarah yang penting selama era Orde Baru, di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto.

Banyak upacara negara konser musik serta acara olahraga besar, termasuk Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara diselenggarakan di kompleks ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: