Honda

Merdeka Innovation Summit 2023 Dorong Kolaborasi Inovasi Internasional untuk Masa Depan Indonesia

Merdeka Innovation Summit 2023 Dorong Kolaborasi Inovasi Internasional untuk Masa Depan Indonesia

Merdeka Innovation Summit 2023 Dorong Kolaborasi Inovasi Internasional untuk Masa Depan Indonesia--Istimewa/palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM- Sebagai bentuk apresiasi dan mendorong kolaborasi inovasi menggelar Merdeka Innovation Summit 2023 (MIS), yang merupakan perwujudan visi Indonesia Emas 2045

Acara ini berlangsung pada 16-17 November 2023 di Hotel Bidakara Indonesia, Jakarta.

MIS yang terselenggara ini sebagai bentuk inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) dan Kedaireka.

Diketahui pada tahun 2023, Indonesia meraih peringkat ke-5 dari 132 negara, dalam Indeks Inovasi Global untuk kolaborasi riset dan pengembangan antara universitas dan industri.

BACA JUGA:Siapkan KK dan KTP, Dana Bansos PKH dan BPNT Cair Langsung 3 Bulan di Tanggal Ini

Hal ini mencerminkan pertumbuhan dan dampak signifikan dalam inovasi di Indonesia. 

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI, Prof Nizam mengatakan dalam tiga tahun terakhir, program Matching Fund dan beragam inisiatif Kedaireka telah memberikan dampak positif.

Bahkan cukup signifikan terhadap Indeks Inovasi Global (GII) dan Indeks Inovasi Indonesia, serta Skor Kolaborasi Universitas-Industri di Indonesia. 

Tahun ini, dengan bangga Kedaireka memperkenalkan terobosan terbaru, yaitu Merdeka Innovation Summit 2023. 

BACA JUGA:Tak Mesti Jadi Guru, Ini 6 Profesi Kerja Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

“Acara ini adalah sebuah bentuk apresiasi dan upaya untuk mendorong kolaborasi inovasi lebih jauh lagi, yang tidak hanya menjadi wahana kolaborasi inovasi tingkat nasional. Tetapi juga membuka peluang kolaborasi inovasi secara internasional,” jelasnya.

Nizam menambahkan bahwa Merdeka Innovation Summit 2023 merupakan perwujudan nyata dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045.

Dan fokus pada peningkatan pembangunan manusia, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

Serta keadilan dalam pengembangan dan peningkatan ketahanan nasional dan tata kelola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: