Honda

Kamu Wajib Tahu, 6 Fakta Tol Bawah Laut IKN Senilai Rp6 Triliun yang Siap Beroperasi

Kamu Wajib Tahu, 6 Fakta Tol Bawah Laut IKN Senilai Rp6 Triliun yang Siap Beroperasi

Ilustrasi tol bawah laut IKN yang siap beroperasi-wikipedia-

PALPRES.COM - IKN di Kalimantan Timur mempunyai tol bawah laut yang menelan dana fantastis.

Jalan tol laut yang siap beroperasi ini menghabiskan dana anggaran mencapai Rp6 triliun.

Namun siapa sangka, tol yang menelan dana fantastis tersebut memiliki 6 fakta terkait kesiapannya beroperasi.

Presiden Joko Widodo sedang merencanakan pembangunan tol bawah laut yang akan menghubungkan daratan Balikpapan dan IKN yang terpisah oleh Teluk Balikpapan.

BACA JUGA: Status Dana Bansos Sudah Tersalur, 3 BLT Mulai Cair Hari Ini di Daerah Berikut, Cek Faktanya!

BACA JUGA:BLT PKH Tahap 4 Cair di Kantor Pos Hari Ini, Pelajar Terima Dana Rp1 Juta Tunai

Tol ini dikabarkan akan menggunakan teknologi modern dan akan menjadi tol bawah laut pertama di Indonesia.

Berikut ini 6 fakta menarik pembangunan tol laut di IKN yang bikin bangga rakyat Indonesia:

1. Tahap Pembangunan

Pertama kali dicanangkan, pemerintah langsung bergerak cepat.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Kota Palembang Beserta Niatnya, Hari Ini Rabu 22 November 2023

BACA JUGA:Dukungan Nyata Pemerintah! Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Rp600.000, Ini Jadwal Pencairannya

Saat ini proses pembangunan jalan tol bawah laut ini memasuki visibility studi atau studi kelayakan.

Setelah itu akan dilakukan basic engineering design oleh Bina Marga.

Indonesia dibantu oleh tenaga ahli dari Belanda dan Korea Selatan akan membantu pembangunan fisik proyek dengan perkkiraan mulai tahun 2024 mendatang.

2. Anggaran

BACA JUGA:Dukungan Nyata Pemerintah! Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Rp600.000, Ini Jadwal Pencairannya

BACA JUGA:Skutik Baru Bergaya Eropa, Cek Harga dan Spesifikasi Lambretta X300 SR 2024

Proyek tol bawah laut ini akan menelan data yang tidak sedikit.

Untuk satu kilometer tol saja akan menghabiskan biaya sekitar Rp4 triliun.

Sehingga secara keseluruhan proyek ini akan menelan anggaran sebesar Rp6 triliun.

Sama dengan terowongan bawah laut di Kor Alzubir Irak sepanjang 2,5 kilometer yang menghabiskan biaya sekitar 12 triliun.

BACA JUGA:5 Fakta Unik Bhutan yang Jadi Negara Paling Bahagia di Asia, Ternyata Tak Punya Lampu Lalu Lintas

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Termahal, Nomor 5 Harganya Setara dengan Harga Motor, Apa Saja?

3. Hanya Ada 6 di Dunia

Indonesia patur berbangga pasalnya, lantaran di dunia ini hanya ada 6 negera yang mempunyai tol bawah laut.

Diantaranya, ada terowongan Al Shindagha di Uni Emirat Arab, terowongan Oresund yang menghubungkan Denmark dan Swedia.

Terowongan Refill di Norwegia, Tol bawah laut Taihu di China, Sydney Metro Tunnel di Australia serta Marina Coastal Expressway di Singapura.

BACA JUGA:Ini Alasan Siswa Harus Diberikan Reward dan Punishment, Para Pendidik Disimak Ya

BACA JUGA:Ada Dana Rp400.000 Masuk ke Rekening KPM Hari Ini, Apakah BLT El Nino Cair?

Apabila Indonesia berhasil membangun tol bawah laut ini, maka akan sejajar dengan negara-negara maju tersebut.

4. Lebih Murah dari Terowongan Darat

Menariknya, tol bawah laut IKN ini lebih murah bila dibandingkan dengan terowongan darat Sumbar yang dibangun oleh investor di Jepang.

Informasinya, terowongan tol Sumbar merupakan bagian dari ruas tol Padang-Pekanbaru yang lebih tepatnya berda di seksi Payakumbuh-Pangkalan.

BACA JUGA:Harganya Murah Makan Sepuasnya, Ini 5 Tempat Makan dengan Konsep All You Can Eat di Palembang, Menunya Lengkap

BACA JUGA:5 Ras Kucing Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rp1,8 Miliar

Terowongan ini akan menembus perut Bukit Barisan dan menggunakan dua metode yakni New Australian tunai  method atau NATM dan metode tunneling boring machine atau TBM.

Jika Indonesia berhasil membangun tol bawah laut ini, maka akan sejajar dengan negara-negara maju tersebut.

5. Kontroversi Tol Bawah Laut

Dibalik dukungan warga Kalimantan Timur terhadap proyek tol bawah laut ini, baru-baru ini heboh terkait desain tol bawah laut Jawa - Bali yang rencananya di daerah poros Situbondo dan Banyuwangi yang akan menuju Pantai Pura Segara Rupek Buleleng Bali.

BACA JUGA:Pemkab Mura Apresiasi Kinerja Positif Tim Pemeriksa BPK, yuk Simak Beritanya

BACA JUGA:5 Hal ini akan Dirasakan Siswa SMK saat Prakerin, Nomor 4 Kena Banget

Terowongan bawah laut ini akan dibuat dari kaca transparan yang anti pecah.

Sementara untuk pondasinua akan mengusung konsep sub merger flooring to know.

Diballik isu ini banyak yang mersa bahwa proyek ini akan mendapatkan banyak penolakan apalagi berdasarkan sejarahnya Pulau Jawa dan Bali dilarang untuk menyatu secara langsung.

6. Mulai Beroperasi

BACA JUGA:Pemkab Mura Apresiasi Kinerja Positif Tim Pemeriksa BPK, yuk Simak Beritanya

BACA JUGA:Terdakwa Asusila Divonis 13 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Korban Minta Aktivitas Mondok di Ponpes Yasinda Distop

Belum diketahui secara pasti kapan proyek tol bawah laut ini akan selesai dan beroperasi secara resmi.

Apabila dikalkulasikan, proyek bawah laut tol IKN ini akan rampung paling lama 10-20 tahun kedepan, terlebih jika Presiden Indonesia selanjutnya dapat

melanjutkan program yang sudah ditanam oleh Presiden Jokowi selama 10 tahun ke belakang.

Semoga pembangunan jalan tol bawah laut yang telah direncanakan ini bisa berjalan dengan baik dan Presiden Indonesia selanjutnya mempunyai visi yang sama agar proyek ini tidak mangkrak.

Demikianlah 6 fakta menarik pembangunan tol bawah laut IKN yang siap beroperasi.  *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: