Honda

Wujudkan Musirawas Smart City, Bupati Launching Aplikasi SRIKANDI

Wujudkan Musirawas Smart City, Bupati Launching Aplikasi SRIKANDI

Pemkab Musirawas launching Aplikasi Srikandi--

MUSIRAWAS, PALPRES.COM- Gerakan untuk mewujudkan birokrasi yang profesional berbasis Teknologi Informasi, Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud melauching aplikasi SRIKANDI di acara Gerakan Bersama Masyarakat Perluasan Akseptasi QRIS (Gebyar QRIS 2023) di Lapangan Taman Beregam Muara Beliti.

Dikatakan Bupati, pemanfaatan teknologi digital sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan smart city, tentunya hal ini sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

Masih kata Bupati, aplikasi SRIKANDI yang merupakan inovasi perihal kearsipan sehingga mempermudah dalam membuat naskah dan proses pengiriman keluar, menerima serta menjadwalkan naskah yang telah diterima sehingga dapat mendisposisikan naskah yang diterima.

“Saya menyambut baik telah dilaksanakannya launching aplikasi SRIKANDI, yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, “ungkap Bupati Mura Hj. Ratna Machmud didampingi Wakil Bupati Mura Hj. Suwarti.

BACA JUGA:Pengurus PWI Musirawas Resmi Dilantik, Ini Harapan Bupati Hj Ratna Machmud

Pasalnya Pemkab Mura memberikan perhatian dan melakukan inovasi diantaranya mempermudah dalam pengarsipan serta Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan publik di bidang kearsipan digital.

"Aplikasi SRIKANDI ini dapat mempermudah proses kearsipan di setiap OPD serta meningkatkan kualitas aparatur pengelola arsip yang terpadu untuk mewujudkan Musi Rawas MANTAB, “terang Bupati.

Di acara bersamaan, terdapat berbagai rangkaian kegiatan Gebyar QRIS 2023 diantaranya pelaksanaan senam sehat, pameran stand bazar aneka produk UMKM makanan dan minuman, Bazar Pangan Murah, Sosialisasi QRIS dan CBP Rupiah serta Launching Aplikasi SRIKANDI.

Dijelaskan Bupati, saat ini pemanfaatan QRIS di Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas telah mulai digunakan dalam pembayaran pajak daerah seperti PBB-P2 dan BPHTB serta pembayaran retribusi pada beberapa perangkat daerah.

BACA JUGA:7 Fakta Unik dari Zodiak Capricorn, Orangnya Sabar tapi Sulit Memaafkan

Seperti di Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PU Cipta Karya, Tata Ruang dan Pengairan.

"Kedepan, tidak menutup kemungkinan nantinya seluruh OPD pemungut Pajak dan Retribusi Daerah akan menggunakan aplikasi QRIS dalam transaksinya, “tegas Bupati.

Untuk itu, Bupati mengapresiasi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan yang telah hadir bersama kita dalam acara Gerakan Bersama Masyarakat Perluasan Akseptasi QRIS.

Lebih lanjut, penggunaan atau akseptasi QRIS ini, kedepannya tidak hanya terbatas dalam transaksi pembayaran pajak dan retribusi daerah semata, akan tetapi harus bisa dikembangkan dalam transaksi ekonomi lainnya, seperti pusat wisata, pembayaran zakat dan lain-lain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: