Honda

Papua Ricuh Buntut Pemakaman Lukas Enembe, Kawasan Pertokoan Dibakar Massa Hingga Sebabkan Trauma Warga

Papua Ricuh Buntut Pemakaman Lukas Enembe, Kawasan Pertokoan Dibakar Massa Hingga Sebabkan Trauma Warga

Papua Ricuh Buntut Pemakaman Lukas Enembe, Kawasan Pertokoan Dibakar Massa Hingga Sebabkan Trauma Warga -kolase-

PAPUA,PALPRES.COM- Pemakamakan mantan Gubernur Papua Lukas Enembe berujung ricuh.

Massa yang mengamuk membakar belasan ruko di kawasan pertokoan daerah Wamena Distrik Heram Kota Jayapura Kamis 28 Desember 2023. 

Kericuhan bermula saat massa yang tergabung dalam arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe melakukan pembakaran belasan pertokoan di persimpangan Jalan Perumnas Wamena, Distrik Heram.

Akibatnya api kian membesar dan menjalar ke bangunan lain di sekitarnya membuat warga di kawasan tersebut panik dan trauma

BACA JUGA:Suasana Terbaru! 12 Ruko di Waena Papua Hangus Dibakar Massa, Diduga Buntut Pemakaman Lukas Enembe

Kericuhan yang terjadi pada hari ini seolah membuka luka lama akan tragedi kerusuhan pada tahun 2019 lalu yang masih teringat jelas dalam ingatan warga Papua. 

Atas kejadian tersebut, banyak nyawa yang melayang, fasilitas publik dirusak dan aktivitas perekonomian lumpuh total. 

Oleh karena itu, warga khawatir peristiwa 2019 lalu akan terulang kembali. 

Sebelumnya, pemerintah bersama Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama mengajak masyarakat Papua untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Lukas Enembe dengan tenang dan tertib. 

BACA JUGA:Terungkap Pemicu Pemakaman Lucas Enembe Jadi Kacau Hingga Pj Gubernur Papua Cedera, Polisi Bilang Ini!

Namun, akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab menyebarkan seruan yang memprovokasi lewat media sosial yang menyerukan masyarakat untuk melakukan kericuhan. 

Untuk meredam kericuhan agar tidak semakin meluas, Presiden Gereja Injili Indonesia (GIDI), Pdt Dorman Wandikbo lewat pesan WA yang bersedar, mengimbau masyarakat Papua tenang, serta tidak mengganggu keamanan di Jayapura dan wilayah lainnya.

“Kepada yg terhormat Rakyat Papua yang dikasihi Tuhan Jesus, Hari ini tgl 26-12-2023 Jam 10 Pagi waktu WIB. Telah di panggil Oleh Tuhan Bpk Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jakarta. Dan Rencana diterbangkan Jkr- Papua Besok Malam,”.    

“Oleh karena itu saya Memberitahukan seluruh Umat Tuhan di tanah Papua @ TIDAK BOLEH MEMBUAT KERIBUTAN, MERUSAK FASILITAS UMUM dan  NGANGGUAN JALAN saat Pemimipin Peradaban Papua tiba di Sentani. “

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: