Honda

Kecelakaan Maut KA Turangga Di awal Tahun 2024, Berapa Banyak Kecelakaan Kereta di Indonesia? Cek Faktanya!

Kecelakaan Maut KA Turangga Di awal Tahun 2024, Berapa Banyak Kecelakaan Kereta di Indonesia? Cek Faktanya!

Kecelakaan maut yang terjadi antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Commuterline Bandung Raya pada Jumat 5 Januari 2024, sekira pukul 06.03 pagi WIB, menjadi musibah pertama di awal tahun 2024 bagi PT KAI-X/@INFOMITIGASI-

PALEMBANG.PALPRES.COMKecelakaan maut yang terjadi antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Commuterline Bandung Raya pada Jumat 5 Januari 2024, sekira pukul 06.03 pagi WIB, menjadi musibah pertama di awal tahun 2024 bagi PT KAI.

Kecelakaan kereta api pertama tahun 2024 ini terjadi di jalur lintas Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, lokasi kecelakaan tabrakan tersebut berjarak sekitar 800 meter sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka.

"Guna menindaklanjuti dan mengevakuasi korban insiden kecelakaan ini, DJKA telah mengirim tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian," ujar risal Wasal, Direktur Jenderal DJKA dalam siaran persnya, Jumat 5 Januari 2024.

BACA JUGA:Kecelakaan KA Turangga vs KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Adu Banteng, Jalur KA Terhalang Sementara

BACA JUGA:UPDATE TERKINI! KAI Lakukan Pembatakan 9 KA dan 10 KA Dilakukan Rekayasa Imbas Kecelakaan Maut

Peristiwa kecelakaan kereta api di awal tahun 2024 ini menambah daftar panjang kecekataan kereta api yang terjadi di Indonesia. 

Berdasarkan data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), kecelakaan kereta setiap tahunnya selalu terjadi, setidaknya sejak tahun 2007 sampai sekarang terus saja terjadi.

Dari catatan panjang KNKT, jumlah kecelakaan kereta api paling banyak terjadi pada 2007, yakni terjadi 13 kasus kecelakaan.

Namun, di tahun-tahun berikutnya, kecelakaan kereta api cenderung mengalami penurunan. Bahkan pernah mencapai rekor terendah yakni hanya ada satu kasus kecelakaan kereta api pada tahun 2011.

BACA JUGA:INFO TERKINI! Daftar Bansos 2024 yang Segera Cair, Ambilnya di PT Pos, Bank Himbara, dan Balai Desa

BACA JUGA:Daya Tariknya Begitu Kuat, Ini 5 Batu Akik Favorit Selebritis Indonesia, Nomor 4 Simbol Kemakmuran

Kendati demikian, angka kecelakaan yang cenderung menurun ini tidaklah sebanding lurus dengan jumlah korban yang ada.

Contohnya, dari 13 kecelakaan kereta yang terjadi di tahun 2007, total korban jiwa sebanyak 9 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: