Honda

Kerjasama dengan Data Center BP Batam, Pemkab Muba Amankan Data dan Aplikasi Elektronik

Kerjasama dengan Data Center BP Batam, Pemkab Muba Amankan Data dan Aplikasi Elektronik

memanfaatkan backup data dan aplikasi di Data Center BP Batam-Dinkominfo Muba-

BATAM, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba, kembali menjalin kerjasama dengan Data Center BP Batam

Diketahui kerjasama yang terjalin ini sudah yang keempat kalinya. 

Perjanjian Kerjasama diteken pada Kamis 11 Januari 2024, di Batam. 

Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menjelaskan, perjanjian kali ini menyangkut pengamanan terhadap ketersediaan informasi berupa pengamanan data dan aplikasi elektronik.

BACA JUGA:Info Terbaru, BLT El Nino Diperpanjang Januari hingga Juni 2024 Cair Rp1,2 Juta, Berikut Kuota Penerimanya

BACA JUGA:Benarkah Batu Belerang Bermanfaat untuk Perawatan Kesehatan Kulit Hingga Kecantikan? Simak Jawabannya di Sini

"Sehingga apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan, seperti server crash, bencana alam dan lain-lain yang mengakibatkan rusak dan tidak berfungsinya server utama yang berada di Dinas Kominfo, data dan aplikasi elektronik tersebut dapat segera dipulihkan. 

Dalam waktu cepat semuanya bisa berjalan normal, dengan memanfaatkan backup data dan aplikasi di Data Center BP Batam,"urai Sinulingga. 

Menurut Sinulingga, jenis PKS yang dilaksanakan adalah Colocation Server, yaitu menempatkan server milik Dinas Kominfo Muba di Data Center BP Batam sebagai lokasi backup dan replikasi data. 

Pengoperasian backup dan replikasi data yang dilakukan telah terstandar internasional ISO 27001:2022 ini, menurut Sinulingga, guna menjamin keamanan informasi yang ada di server utama.

BACA JUGA:Mewahnya Rusun Khusus ASN dan Hankam di IKN Kalimantan Timur, Habiskan Anggaran Rp9,4 Triliun, Kapan Selesai?

BACA JUGA:Terlalu Sering di Depan Gadget, Ini 5 Trik Menjaga Kesehatan Mata Anak

"Ada 23 jenis aplikasi dari 15 Perangkat Daerah yang tergabung dalam server Dinas Kominfo yang sudah dicolocation-kan di Data Center BP Batam. 

Saat ini, masih ada 33 aplikasi dari 14 Perangkat Daerah yang tersebar di Perangat Daerah, yang Dinas Kominfo Muba yang belum dibackup,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba