RDPS
Honda

Inilah Rahasia Fungsi Lubang pada Rem Cakram, Bukan Sekadar Aksesoris

Inilah Rahasia Fungsi Lubang pada Rem Cakram, Bukan Sekadar Aksesoris

Inilah rahasia fungsi lubang pada rem cakram, bukan sekadar aksesoris.-YouTube/Sekolah Online Teknik Otomotif-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Biasanya motor dilengkapi dengan sistem pengereman cakram, yang dianggap lebih efisien dibandingkan rem tromol.

Dikatakan demikian karena rem cakram bisa melepaskan panas lebih baik dari rem tromol sehingga dapat meminimalisir kemungkinan rem blong. 

Salah satu ciri khas rem cakram adalah adanya lubang-lubang di bagian pinggirannya.

Apa ya fungsi lubang itu?

BACA JUGA:3 Mobil Toyota Jadi Pilihan Terbaik untuk Menghadapi Tantangan Medan Terjal, Apakah Avanza Termasuk?

BACA JUGA:Makin Murah! Daftar Rekomendasi Motor Listrik Subsidi Pemerintah Mulai Rp5 Jutaan

Mengapa rem cakram harus didesain seperti itu?

Sebagian motor-motor zaman dulu tidak memiliki lubang-lubang pada rem cakram atau disebut juga cakram buta. 

Ada juga sebagian yang dibuat berlubang, tapi berupa garis panjang, tidak bulat-bulat, seperti pada Yamaha RX 100, RXK, RX 125, dan lainnya. 

Beda halnya dengan motor zaman sekarang yang pasti dilengkapi rem cakram yang berlubang. 

BACA JUGA:Motor Bebek Legendaris Suzuki Shogun 125 Kembali Hadir, Inilah Sederet Kelebihan yang Ditawarkan

BACA JUGA:Yadea T9, Motor Listrik Futuristik, Bisa Diajak Keliling Kota Sampai Bosan

Alasan sebenarnya cakram ini dibuat berlubang berhubungan dengan performa pengereman. 

Bukan hanya sekadar untuk estetika saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: