Honda

Dilirik Investor China, Proyek Jalan Tol di Jawa Barat Siap Dibangun Tahun Ini, Tersambung Sampai Jateng

Dilirik Investor China, Proyek Jalan Tol di Jawa Barat Siap Dibangun Tahun Ini, Tersambung Sampai Jateng

Dilirik Investor China, Proyek Jalan Tol di Jawa Barat Siap Dibangun Tahun Ini, Tersambung Sampai Jateng--Freepik

BACA JUGA:Termegah di Asia Tenggara, Jalan Tol di Padang Ini Punya Akses Terowongan, Bulan Juli Bisa Dilewati

Tak hanya dari Asia, investor yang tertarik untuk bergabung di proyek ini juga berasal dari negara lain seperti Australia dan Amerika. 

"Sejauh ini udah banyak dan dari dalam dan luar negeri ada, kita pernah ngobrol dengan investor di BPJT dari Australia, dari China, Timur Tengah, ada beberapa yang sudah berpengalaman Malaysia, Hong Kong, Kanada mereka tertarik menjajaki itu,"jelasnya. 

Namun hal itu baru sebatas penyampaian ketertarikan, jadi belum ada bentuk resmi pasti akan bergabung dalam proyek tol Getaci ini. 

"Tinggal tunggu aja saat memasukan dokumen mereka akan gabung atau gimana, biasanya yang datang dari luar ngga datang sendiri, tapi bareng konsorsium yang ada di indonesia," sambungnya. 

BACA JUGA:Bukan APBN, Investor Ini Bangun Jalan Tol di Jatim, Hubungkan Kediri-Tulungagung hingga Akses ke Bandara Baru

Sedangkan untuk pengerjaan fisiknya lanjut Hedy baru dimulai pada semester 2 tahun 2024 ini. 

Dengan panjang tersebut, Tol Getaci akan menggeser posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini masih menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan bentang 189 kilometer.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, tol Getaci masuk dalam proyek strategis nasional (PSN). 

Saat ini pengerjaannya masih dalam tahap pembebasan lahan untuk tol hingga Kabupaten Garut. 

BACA JUGA:Pembangunan Mega Proyek Jalan Tol di Jogja Ini Mengenai Situs Cagar Budaya, Ini Kata Disbud DIY

Diharapkannya progres dalam proses konstruksi Tol Getaci sudah bertahap dilaksanakan dan siap dibangun mulai dari kawasan Gedebage hingga Kabupaten Garut pada 2024. 

Informasinya, pembebasan lahan untuk jalan tol Getaci pada tahun 2023 sudah menelan anggaran dari APBN sebesar Rp914 miliar. 

Setidaknya ada 9 desa dan 1 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran akan dilewati tol Getaci di Jawa Barat ini. 

Adapun 9 desa tersebut berada di Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran yaitu Desa Pasirgeulis, Desa Cibogo, Desa Karangmulya, Desa Kedungwuluh, Desa Padaherang, Desa Karangsari, Desa Karangpawitan, Desa Sindangwangi dan Desa Ciganjeng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: