Honda

Jambi Bakal Punya Bendungan Senilai Rp4,7 Triliun, Cek Faktanya!

Jambi Bakal Punya Bendungan Senilai Rp4,7 Triliun, Cek Faktanya!

Proyek Bendungan Rp4,7 Triliun di Jambi ini diperkirakan waktu konstruksinya 5 tahun dan masa konsesi hingga 30 tahun. Tampak ilustrasi satu bendungan megah.--Freepik

Lebih lanjut, setelah proses sertifikasi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) Provinsi selesai, maka akan dilakukan pengadaan tanah lokasi pembangunan proyek KPBU Bendungan Merangin dan lokasi areal terdampak pembangunan bendungan tersebut.

Spesifikasi teknis proyek KPBU Bendungan Merangin dengan panjang bendungan 335 meter, lebar bendungan 15 meter, tinggi bendungan 94 meter, elevasi puncak bendungan 229 meter, elevasi mercu pelimpah/spillway 220.0 meter.

Untuk alokasi debit irigasi 25,75 meter kubik per detik, luas genangan efektif 686,76 hektare, volume genangan efektif 100,17 juta meter kubik, volume genangan mati 75,0 juta meter kubik, dan evaluasi MA banjir EL+225,6 meter.

Diharapkan dengan adanya bendungan bendungan senilai Rp4,7 Triliun di Jambi ini nanti membawa dampak yang signifikan.

BACA JUGA:Mobil Irit Buat Mudik, 3 Hatchback Ini Bikin Lebaran 2024 Makin Berkesan

BACA JUGA:Disahkan Jokowi, Segini Besaran THR 2024 yang Diterima Guru Sertifikasi

Serta bermanfaat untuk pengairan irigasi persawahan seluas 12.000 hektare, atau besaran air sebanyak 25,75 meter kubik per detik. 

Disamping juga sebagai objek pengendali banjir 583,5 meter kubik per detik.

Selain itu, manfaat lainnya adalah sebagai sumber air baku dua meter kubik per detik, dan untuk pembangkit listrik berkekuatan hydropower sebesar 90 – 107.45 MW.

Ditambah lagi lokasinya yang strategis, membuat bendungan ini akan nmenjadi objek wisata yang nanti akan menggerakan perekonomian warga sekitar.  
BACA JUGA:Pusing Saat Puasa? Ini 4 Cara Sederhana Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

BACA JUGA:Hadir dengan Tenaga Powerfull, Suzuki Satria F150 Versi 2024 Dirilis dengan Harga Segini?

Tentunya ini adalah hal yang mengembirakan untuk masyarakat Jambi, dimana akhirnya memiliki bendungan terbesar senilai Rp4,7 Triliun. 

Semoga saja di tahun-tahun berikutnya, bendungan di wilayah lain juga akan dibangun.

Karena, banjir masih menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus segera teratasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: