Honda

18 Pemda di Sumatera Selatan telah masuk ke dalam kategori Pemda Digital

18 Pemda di Sumatera Selatan telah masuk ke dalam kategori Pemda Digital

Pelaksanaan High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumsel bersama Kepala Daerah dan instansi vertikal di Sumsel, Rabu 20 Maret 2024--

Dan, 11 Pemda yang telah memiliki Perkada KKPD.

BACA JUGA:Bank Indonesia Siapkan 449 Titik Layanan Penukaran Uang Rupiah, Segini Jumlah Maksimal yang Dapat Ditukarkan

"Kami mendorong Pemerintah Daerah di kabupaten/ kota lainnya untuk segera menyusun Perkada KKPD dan segera mengimplementasikan KKPD,"kata Ricky.

Ke depan, upaya yang perlu terus didorong adalah pemanfaatan layanan digital yang telah disediakan oleh pemerintah daerah bersama bank RKUD, dalam hal ini BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Untuk itu, perlu sinergi bersama dalam mendorong tingkat literasi masyarakat dalam menggunakan layanan digital.

Selanjutnya, untuk mendorong digitalisasi daerah, Satgas P2DD menyusun program Championship TP2DD, yaitu sebuah ajang untuk memberikan penghargaan kepada daerah yang telah menunjukkan kinerja terbaik dalam implementasi digitalisasi, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan komitmen Pemerintah Daerah lainnya dan mempercepat implementasi digitalisasi.

BACA JUGA:Bank Indonesia dan RBI Sepakat Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal di Masing-masing Negara

Di sesi pertama, sebelum pelaksanaan HLM TPD dan TP2DD ini telah dilakukan coaching clinic dalam rangka penyusunan laporan championship TP2DD se-Sumatera Selatan.

"Kami berharap, laporan ini dapat diisi sebaik-baiknya setelah nanti kembali ke daerah masing-masing. Sehingga, TP2DD di Wilayah Sumatera Selatan dapat menjadi TP2DD Terbaik pada ajang Championship TP2DD Tahun 2024,"harapnya.

Beberapa hal yang dapat direkomendasikan dalam mendorong digitalisasi daerah adalah Pertama, memaksimalkan partisipasi pemerintah daerah dalam pengisian Championship TP2DD tahun 2024; Kedua, terus bersinergi dalam mendorong digitalisasi daerah dan program inovasi daerah, serta implementasi KKPD; dan Ketiga, tentunya tetap berkoordinasi dengan perbankan untuk mendorong tersedianya layanan digital dan literasi masyarakat.

"Mudah-mudahan segala upaya yang kita lakukan dapat memberikan dampak positif terutama bagi pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas pelayanan publik, efisiensi birokrasi, serta memperkuat sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan di daerah,"pungkasnya. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: