Honda

Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh April 2024

Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh April 2024

Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh April 2024 -freepik-

3. Ibadah puasa ayyamul bidh sama seperti melakukan puasa setahun

Selain dari kisah dalam hadis tersebut, Abu Daud juga meriwayatkan sebuah hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering memerintahkan umat dan sahabat untuk melaksanakan puasa ayyamul bidh karena dengan melakukan puasa ini selama tiga hari berturut-turut maka pahalanya seperti melakukan ibadah puasa selama satu tahun penuh.

Kaana rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – ya’murunaa an nashumal biidha tsalaatsa ‘asyrata wa khomsa ‘asyrata. Wa aqaala hunna kahay’ati ddahri.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyâmul bidh itu seperti puasa setahun.” (Hadits Riwayat Abu Daud).

BACA JUGA:Mengulik Khasiat Tanaman Herbal: Ini 5 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Diabetes!

BACA JUGA:Gak Bikin Kehausan! 5 Olahraga Ringan Ini Aman Dilakukan Saat Puasa, Lakukan Secara Rutin BB Turun

4. Tauladan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Diterangkan dalam sebuah hadis bahwa puasa ayyamul bidh adalah tauladan dari ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

5. Kebiasaan Nabi dalam berpuasa ayyamul bidh

Selain itu, ada juga sebuah hadis lain yang meriwayatkan tentang puasa sunah ayyamul bidh dari Abu Dzar yang berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

BACA JUGA:Punya Aura Elegan yang Menawan, Pantas Rezeki 5 Weton Ini Selalu Melimpah Tiada Tara Menurut Primbon Jawa

BACA JUGA:Buru-Buru Bahagia! Tukarkan 10 Telkomsel Poin dan Raih Kuota 24 GB untuk Keseruan Tanpa Batas, Ini Syaratnya!

“Wahai Abu Dzar, jika engkau berpuasa tiga hari dalam sebulan, maka berpuasalah pada tanggal tiga belas, empat belas, dan lima belas.” (Hadits Riwayat At-Tirmidzi.

Pelaksanaan Ibadah puasan Ayyamul Bidh ini harus dilakukan tiga hari berturut-turut yaitu pada bulan April ini akan dilaksanakan di tanggal berikut: 

Senin, 22 (13 Syawal 1445 H) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: