Honda

Ikhtiar Jaga Kebugaran, Kemenag Luncurkan Senam Haji Serentak di Seluruh Indonesia

Ikhtiar Jaga Kebugaran, Kemenag Luncurkan Senam Haji Serentak di Seluruh Indonesia

Kanwil Kemenag Sumsel, H Syafitri Irwan menghadiri launching senam dan batik haji yang diluncurkan secara nasional, Ahad 28 April 2024--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Kementerian Agama RI meluncurkan gerakan senam dan batik haji Indonesia tahun 2024 serentak secara nasional, Ahad 28 April 2024.

Untuk Wilayah provinsi Sumatera Selatan gerakan senam dan batik haji berlangsung di asrama haji Palembang. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Sekjen Prof. Muhammad Ali Ramdhani mengatakan senam haji adalah bentuk ikhtiar yang dilakukan oleh Kemenag RI sebagai lembaga yang berkonstrasi menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara haji.

"Launching senam haji bagian dari ikhtiar menjaga kebugaran jemaah haji agar jemaah bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar, sehat dan bugar hingga sehat pula saat pulang," kata Sekjen mewakili Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

 BACA JUGA:60 Orang PPPK Kemenag Sumsel Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan

BACA JUGA:Waspada Jangan Tertipu Tawaran Haji Tanpa Antre Pakai Visa Lain Hanya Visa Haji yang Diakui

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan saat menghadiri acara serupa di wilayah kerjanya.

Menurut Syafitri, gerakan senam haji ini sangat low impact atau mudah dilakukan terutama bagi jemaah haji lansia.

“Gerakan senam haji sangat sederhana dan mudah dilakukan bagi jemaah termasuk jemaah lansia. Meskipun demikian gerakan ini sangat bermanfaat untuk menambah kebugaran jemaah haji kita,” ujar Syafitri.

Pernyataan tersebut diperjelas oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Trisnawarman bahwa gerakan tersebut dirumuskan tim Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi  Indonesia (Perdoki) dan perhimpunan kedokteran Haji Indonesia dengan gerakan low impact.

 BACA JUGA:Bandara SMB II Tetap Melayani Embarkasi Haji dan Umroh Meski Tak Lagi Berstatus Internasional

BACA JUGA:12 Tahun Belum Ganti Inilah Seragam Baru Calon Jemaah Haji Indonesia Warnanya Sedap Dimata Ada Burung Garuda

"Perdoki sudah mengatur sedemikian rupa, bisa diterapkan di rumah hingga saat perjalanan di pesawat ke tanah suci. Jenis senamnya low impact, bukan aerobik, yang menguras tenaga," kata Trisnawarman usai senam bersama Syafitri.

Selanjutnya, perihal batik haji Kakanwil menjelaskan bahwa penggunaan batik merupakan salah satu ciri khas jemaah haji indonesia untuk mempermudah mengenal identitas asalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: