Honda

TERNYATA 5 DOKTER SPESIALIS INI PALING LANGKA ADA DI INDONESIA

TERNYATA 5 DOKTER SPESIALIS INI PALING LANGKA ADA DI INDONESIA

5 DOKTER SPESIALIS INI PALING LANGKA ADA DI INDONESIA-by freepik-on Freepik

PALPRES.COM - Profesi dokter merupakan suatu pekerjaan yang mulia karena membantu orang banyak. Namun, selain dokter umum yang menangati penyakit umum pada pasien ada juga dokter spesialis yang merupakan dokter khusus yang spesial di bidangnya untuk menangani penyakit berat hingga paling langka.

Fokus praktik dokter spesialis biasanya lebih terbatas dan khusus atau spesial pada bidang tertentu saja, seperti misalnya onkologi, kardiologi,dan bedah..

Karena titelnya adalah dokter spesialis, maka jika dibandingkan dengan dokter umum, dokter spesialis ini memiliki pengetahuan yang lebih dalam sesuai dengan bidangnya.

Pada penyakit tertentu yang tergolong berat, bukan penyakit umum akan membutuhkan perawatan serta analisa khusus dari dokter spesialis

BACA JUGA:TERBUKTI! Makanan dan Minuman Ini Bikin Tulang Sehat dan Kuat

BACA JUGA:Dampak Buruk Menunda Pekerjaan Hingga Timbulnya Penyakit Serius, Benarkah?

Jumlah dokter spesialis tidak sebanyak dokter umum karena untuk mendapatkan gelar dokter spesialis harus menempuh pendidikan lagi setelah selesai pendidikan menjadi dokter umum.

Secara kuantitas, jumlah dokter spesialis tentunya lebih sedikit daripada jumlah dokter umum, selain bidangnya yang tersendiri, untuk menjadi dan mendapat gelar dokter spesialis harus menempuh pendidikan lagi yang khusus mendalami satu bidang setelah sebelumnya menyelesaikan pendidikan dokter umum.

Nah diantara sekian banyak jumlah dokter spesialis yang ada di Indonesia, ternyata ada 5 dokter spesialis langka dalam bidang tertentu.

Penasaran, dokter Spesialis bidang apa saja yang langka tersebut?

BACA JUGA:Ternyata Air Beras Punya 8 Khasiat yang Mampu Jaga Tubuh Agar Tetap Sehat Lho, Apa Saja Itu?

BACA JUGA:5 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi, Wajib Kamu Ketahui

1. Odontologi Forensik

Odontologi Forensik merupakan salah satu bidang khusus yang didalami dokter ahli gigi untuk menjadi dokter spesialis, butuh pendidikan tambahan dalam bidang forensik gigi ini.

Dokter spesialis ini bertugas untuk membantu identifikasi korban atau tersangak dalam investigasi kriminal atau kasus medis tertentu, seperti bencana alam atau kecelakaan.

Tugas dari dokter spesialis Odontologi Forensik ini adalah membantu penyelidikan, mengidentifikasi korban atau tersangka pelaku mengenai investigasi kriminal termasuk juga investigasi pada kasus medis khusus misalnya korban bencana alam, dan kecelakaan.

BACA JUGA:Bisa Jadi Obat Sakit Gigi dan Cacingan, Inilah 6 Manfaat Daun Sungkai Untuk Kesehatan Wajib Diketahui

BACA JUGA:Bunda Wajib Tahu! Inilah 10 Tanda Janin Tidak Berkembang di Dalam Kandungan

Tugas identifikasi ini sesuai dengan bidangnya meliputi pemeriksaan gigi, rekaman gigi, dan analisa forensik untuk mendapatkan, memberikan bukti medis penting dalam proses penyelidikan dan hukum.

Diketahui bahwa pada tahun 2024 jumlah dokter Spesialis Odontologi Forensik di Indonesia hanya mencapai 19 orang saja.

2. Kedokteran Kelautan

Kedokteran kelautan adalah dokter yang tugasnya khusus untuk menangani kesehatan para pelaut, mulai dari berbagai lingkungan maritim. di pelabuhan, hingga di kapal.

BACA JUGA:5 Dokter Gigi Paling Rekomendasi di Palembang, Cek Lokasinya di Sini Yuk!

BACA JUGA:4 Jenis Penyakit Kanker Langka, Sering Diidap Sejak Dini, Penting Awasi Kesehatan Anak-anak

Sebagai dokter spesialis kelautan, mereka dibekali dengan pengetahuan khusus tentang situasi dan kondisi kesehatan atau medis yang sering terjadi di laut, seperti misalnya penyakit laut, cedera, serta berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan lingkungan maritim.

Saat ini jumlah dokter spesialis kelautan masih sangat sedikit di Indonesia, hanya mencapai 27 orang saja.

3. Parasitologi Klinik

Beralih ke dokter spesialis parasitologi klinik, fokus dokter spesialis parasitologi klinik ini adalah melakukan diagnosis, pengobatan, termasuk melakukan penelitian penyakit yang di sebabkan oleh parasit.

BACA JUGA:Dibalik khasiatnya, Ini 5 Efek Samping Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Memicu Hipoglikemia Hingga Hipotensi

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Berikut 7 Kebiasaan Penyebab Kanker Kulit, Salah Satunya Karena Pakaian

Sebagai dokter spesialis parasitologi klinik tentu memiliki pengetahuan khusus mengenai berbagai jenis parasit, siklus hidup mereka, gejala, dan penularan parait. 

Tugas dokter parasitologi mencakup diagnosis infeksi parasit, memberikan saran pencegahan, dan memberi pengobatan kepada pasien yang terkena penyakit akibat parasit.

Jumlah dokter spesial parasitologi masih tergolong langka, di Indonesia hanya ada 49 orang.

4. Emergency Medicine

BACA JUGA:6 Minuman Terbaik Untuk Hindrasi Bukanlah Air, 2 Kejutan Tak Terduga, Apa Itu?

BACA JUGA:Bagus Untuk Wajah, 5 Manfaat Daun Sirih Cina Ini Wajib Kamu Ketahui, Skincare Alami Jadikan Wajah Kinclong

Menjadi dokter spesialis emergency medicine merupakan petugas medis profesional yang kusus terlatih dan spesialis dalam merawat pasien dengan kondisi darurat serta medis akut.

Mereka bisa ditemukan di departemen gawat darurat rumah sakit, memiliki pengetahuan serta keterampilan spesial untuk menangani berbagai kondisi pasien yang gawat dan perlu segera ditangani seperti pasien serangan jantung, stroke, dan lainnya.

Sebagai dokter spesialis emergency medicine tugasnya adalah untuk melakukan penilaian cepat, stabilisasi pasien, dan memberikan perawatan darurat.

Untuk jumlah dokter spesialis Emergency Medicine ini masih tergolong langka, di Indonesia hanya mencapai 68 orang.

BACA JUGA:Ada Daging Tumbuh di Kulit? Ini 9 Tips Untuk Menghilangkannya Secara Alami

BACA JUGA:5 Makanan yang Ampuh Bersihkan Darah Kotor, Bisa untuk Detoks Alami

5. Kedokteran Nuklir

Terakhir adalah dokter spesialis kedokteran nuklir, dokter spesialis bidang ini adalah dokter yang menggunakan bahan radioaktif serta teknologi nuklir dalam mendiagnosa dan merawat berbagai kondisi medis pasien.

Mereka menggunakan pendekatan dengan teknik pencitraan, misalnya PET (Positron Emission Tomography) dan SPECT (Single Photon Emission Computed Tomography) dalam mendeteksi penyakit seperti penyakit jantung, gangguan neurologis, dan kanker.

Keberadaan dokter spesialis kedokteran nuklir di Indonesia saat ini tergolong sedikit, hanya ada 72 orang saja.

BACA JUGA:6 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan, Dapat Menyehatkan Mata hingga Mengobati Sel Kanker

BACA JUGA:8 Manfaat Minum Air Hangat yang Kaya Khasiat untuk Kesehatan, Nyesel Baru Tau Sekarang

Nah bagaimana menurut kalian, tertarik untuk menjadi yang spesial?

Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: