Honda

445 Jemaah Haji Kloter 1 Asal Muba dan Palembang Sudah Masuk Asrama Haji, Akan Berangkat Besok Pukul 07.40 WIB

445 Jemaah Haji Kloter 1 Asal Muba dan Palembang Sudah Masuk Asrama Haji, Akan Berangkat Besok Pukul 07.40 WIB

445 Jemaah Haji Kloter 1 Asal Muba dan Palembang Sudah Masuk Asrama Haji, Akan Berangkat Besok Pukul 07.40 WIB-kemenag sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sebanyak 445 Jemaah haji kloter 1 Embarkasi Palembang pada hari ini Sabtu 11 Mei 2024 sudah memasuki Asrama Haji

Kedatangan jemaah haji kloter pertama sendiri disambut Kabid PHU H Armet Dachil, Kepala Kemenag Kabupaten Musi Banyuasin H Muhammad Makki, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Palembang Emmilya Rosa, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku Pengelola Asrama Haji Sumsel H. Rebo Iskandar Pohan, dan seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Para Jemaah yang terdiri dari 270 Jemaah asal Kabupaten Musi Banyuasin, 135 Jemaah asal KBIH Siti Khodijah, 33 Jemaah KBIH Hidayatullah dan 4 Jemaah Mandiri serta 3 Petugas Haji Daerah akan diberangkatkan dari Palembang menuju Madinah pada hari Minggu 12 Mei 2024 besok sekitar pukul 07.40 WIB. 

Sama seperti tahun lalu, pada tahun 2024 ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyiapkan jalur fast track untuk Jemaah haji lanjut usia (Lansia). 

BACA JUGA:Ini Hotel untuk Jemaah Haji Indonesia Menginap di Madinah, Lokasinya Dekat Masjid Nabawi, Cek Fasilitasnya

BACA JUGA:Inilah Sosok Jemaah Calon Haji Termuda dan Tertua Asal Muba, Segini Umurnya?

Jalur Fast Track ini sudah disiapkan sejak tahun lalu, yang diperuntukkan bagi Jemaah haji lansia yang masuk dalam resiko tinggi (Risti) karena: 

- usia, 

- sakit

- disabilitas

- menggunakan kursi roda atau tongkat. 

BACA JUGA:Cek Kesiapan Haji 2024, Menag Pastikan Menu yang Disajikan Ramah Lansia

BACA JUGA:Ramah Lansia, Jemaah Haji Bisa Pesan Makanan Sesuai Kebutuhan Kesehatan Selama di Asrama Haji

Kepala Balai Karantina Kesehatan Palembang Emmilya Rosa saat dimintai keterangan mengatakan, tahun lalu Jalur Fast Track disiapkan untuk melayani Jemaah Haji Lansia dan Risti.

Menurutnya, tahun ini  hal itu ditetap disiapkan dan tentu saja layanannya ditingkatkan.

“Tahun lalu kita menyiapkan jalur fast track dan mendapatkan apresiasi, tentunya tahun ini kita tetap menyiapkan jalur fast track dan tentu dengan beberapa peningkatan layanan. Kita berharap jemaah haji merasa nyaman dan semuanya bisa berangkat menunaikan ibadah haji,” ungkap Emmilya. 

Emmilya mengungkapkan, jika para Jemaah haji yang sudah memasuki asrama haji sudah berstatus karantina. 

BACA JUGA:Ini Rangkaian Rencana Perjalanan Haji 2024 Terbaru! dari Kementerian Agama Cek Jadwal Lengkapnya

BACA JUGA:Ini Rangkaian Rencana Perjalanan Haji 2024 Terbaru! dari Kementerian Agama Cek Jadwal Lengkapnya

Sehingga para Jemaah haji tidak diperbolehkan lagu untuk keluar dari asrama haji termasuk mengonsumsi makanan dari luar asrama. 

Selam di Asrama Haji, kondisi Kesehatan para Jemaah haji terus dipantau, termasuk makanan juga sudah disiapkan. 

Embarkasi Palembang memberikan kesempatan kepada jemaah untuk memesan jenis makanan sesuai kebutuhan kesehatan saat berada di asrama haji engan catatan jemaah harus menginformasikan dengan petugas kloter minimal sehari sebelum masuk asrama haji.  Pihak katering siap melayani kebutuhan tersebut.

Emmilya juga menambahkan jika pada tahun ini 85 persen Jemaah haji Indonesia termasuk dalam kategori Risti. 

BACA JUGA:70 Ton Bumbu Indonesia Didatangkan ke Mekkah untuk Kebutuhan Katering Jemaah Haji

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Sumsel, H Armet Dachil menambahkan, Embarkasi Palembang tahun ini akan memberangkatkan 8.506 jemaah haji dengan rincian:

- 7.295 jemaah haji asal Sumatera Selatan,

- 1.116 jemaah haji asal Kepulauan Bangka Belitung, dan

- 95 petugas haji kloter.

Mereka tergabung dalam 19 kelompok terbang (kloter).

Kloter 1 sampai 9 berangkat di gelombang pertama, sedangkan kloter 10 sampai 19 berangkat di gelombang kedua. 

Gelombang pertama diterbangkan dari Palembang menuju Madinah, sedangkan gelombang kedua diterbangkan dari Palembang menuju Jeddah. 

“Sebelum berangkat ke Tanah Suci, jemaah haji akan diinapkan satu malam di Asrama Haji Sumsel. Saat tiba di asrama, jemaah akan menjalani proses pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang, dan penyerahan living cost. Usai proses tersebut, jemaah diantar ke kamar asrama untuk beristirahat. Di asrama haji, jemaah juga akan memperoleh pembinaan manasik haji terakhir,"jelas Armet.

Sementara itu untuk Kloter 2 terdiri dari jemaah haji asal Lubuklinggau sebanyak 322 jemaah haji, Muratara 59 jemaah haji, KBIH IQRO 9 jemaah haji, ANNUR 49 jemaah haji, Mandiri 3 jemaah haji dan PHD 3 orang dengan total sebanyak 445 jemaah haji. 

Kloter 2 akan masuk Asrama Haji pada 12 Mei 2024 pukul 08.00 WIB dan berangkat ke Saudi Arabia pada 13 Mei 2024 pukul 08.00 WIB. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: