Honda

SEPAKAT! Pemkab OKI dan Pemkab Mesuji Bangun Jembatan Penghubung Antar Daerah, Cek Lokasinya

SEPAKAT! Pemkab OKI dan Pemkab Mesuji Bangun Jembatan Penghubung Antar Daerah, Cek Lokasinya

Pemkab OKI dan Pemkab Mesuji sepakat terkait pembangunan jembatan penghubung antar daerah-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OK) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji Provinsi Lampung semakin mematangkan rencana konektivitas antar daerah.

Wujudnya, kedua daerah ini akan membangun jembatan penghubung antar dua provinsi di Pulau Sumatera.

Jembatan penghubung ini tepatnya berada di Desa Labuhan Batin, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji dengan Desa Labuhan Jaya, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI.

Sebagai langkah lanjutan, kedua Pemda bersepakat untuk bersama-sama menyusun draft proposal pembangunan untuk diusulkan ke Pemerintah Pusat dan DPR RI agar bisa dianggarkan dan pembangunan jembatan segera terlaksana di tahun 2025.

BACA JUGA:PPIH Embarkasi Palembang Siapkan Pelayanan One Stop Services bagi Calon Jemaah Haji

BACA JUGA:Membanggakan! Pemprov Sumsel Berhasil Pertahankan Predikat WTP 10 Tahun Berturut - Turut

"Kami menyambut baik kehadiran bapak-ibu dari Kabupaten Mesuji Lampung, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir tentunya sangat mendukung rencana pembangunan jembatan ini.

Kita harapkan setelah rapat lanjutan ini segera kita bawa draft proposal rencana pembangunan ke Pemerintah Pusat untuk meminta dukungan," ucap Pj Bupati OKI melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan HM Lubis S.KM M.Kes saat rapat tindak lanjut bersama Perwakilan Pemkab Mesuji Lampung di Ruang Rapat Sekda OKI, Senin 13 Mei 2024.

Lubis mengungkapkan, selama ini wilayah Kabupaten OKI di Provinsi Sumsel dan Kabupaten Mesuji di Provinsi Lampung baru dihubungkan oleh dua jembatan yaitu jembatan Jalan Lintas Timur dan Jembatan Tol Trans Sumatera.

Dengan dibangunnya jembatan baru dapat menjadi alternatif warga yang dapat memangkas jarak tempuh hingga biaya transportasi.

BACA JUGA:Rekomendasi Produk Kecantikan yang Ampuh Atasi Warna Kulit yang Terlihat Tidak Merata di Wajah

BACA JUGA:Rekomendasi Warung Makan Soto Kikil Terenak di Kota Palembang, Rasa Kikilnya Bikin Lidah Gak Berhenti Makan

"Pembangunan jembatan ini tentunya akan menguntungkan kedua daerah.

Mempermudah akses pelayanan kepada masyarakat di semua sektor baik itu pendidikan, kesehatan serta ekonomi," ungkap Lubis.

Sementara itu Pj Bupati Mesuji melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Beddi SH MH berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering  Ilir yang menyambut baik inisiasi pembangunan Jembatan yang akan dinamai Jembatan Baja atau Batin Jaya tersebut.

Diperkirakan, pembangunan jembatan ini akan menelan dana Rp20 miliar yang bersumber dari Dana APBN tahun 2025.

BACA JUGA:Wakapolda Sumsel: Jalankan Tugas Penuh Tantangan, Personel ASN Polri Jaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

BACA JUGA:MIRIS! UPTD PKB OKI Terancam Ditutup, Ada Oknum Penguji Langgar Kode Etik, Kok Bisa?

"Terimakasih kepada Pemkab OKI yang telah menyambut baik rencana ini, hari ini adalah rapat tindak lanjut, sebelumnya kita telah melakukan langkah-langkah awal dari penandatanganan MoU hingga koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumsel dan Provinsi Lampung.

Untuk ke depan bersama kita akan bawa rencana ini ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian PUPR," ungkap Beddi.

Beddi berharap dengan adanya jembatan ini konektivitas antara Kabupaten OKI dan Kabupaten Mesuji semakin erat, sehingga roda perekonomian di kedua Kabupaten semakin maju.

"Pembangunan jembatan ini panjangnya sekitar 40-50 meter dan lebar 6-7 meter ini, yang menghubungkan dua kabupaten di dua Provinsi yang berbeda.

BACA JUGA:HORE! Bansos PKH Untuk Anak Sekolah, Cair juli Nanti, Cek Nama Penerima Disini

BACA JUGA:Berita Duka: Wafat di Embarkasi, Jemaah Kloter 2 Palembang Akan Dibadalhajikan

Kita harapkan bersama akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meminimalisir kesenjangan ekonomi dan menciptakan pertumbuhan ekonomi baru," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: