Honda

Pj Ketua TP PKK Lubuklinggau Hj Henita Trisko Hadiri Pembukaan Expo HUT Dekranasda di Surakarta

Pj Ketua TP PKK Lubuklinggau Hj Henita Trisko Hadiri Pembukaan Expo HUT Dekranasda di Surakarta

Pj Ketua TP PKK Lubuklinggau Hj Henita Trisko Hadiri Pembukaan Expo HUT Dekranasda di Surakarta--

SURAKARTA, PALPRES.COM-Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Henita Trisko menghadiri acara pembukaan expo dalam rangka HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2024 di Ballroom Alila Hotel Kota Solo.

Expo Dekranas 2024 dibuka secara resmi oleh Ibu Negara yang juga Dewan Pembina Dekranas, Hj Iriana Joko Widodo yang ditandai dengan pemukulan gong. 

HUT ke-44 Dekranas kali ini mengusung tema "tumbuh bersama, majukan warisan budaya, oleh karena itu sesuai dengan tema Dekranas harus menjadi wadah yang menjembatani pemerintah dengan para pengrajin dalam menjaga dan mengembangkan potensi budaya tempatan khususnya dari sisi hasil kerajinan.

Dalam kesempatan itu, Hj Iriana sempat menyapa tamu undangan yang hadir. Para tamu yang hadir didominasi perempuan dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka mengenakan baju tradisional daerah masing-masing.

BACA JUGA:TP PKK Kota Lubuklinggau Hadiri Acara Puncak HKG ke-52 Wakili Provinsi Sumsel

"Di hari yang istimewa ini, saya mengucapkan selamat ulang tahun Dekranas yang ke-44 tahun 2024. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, secara resmi saya buka Dekranas Expo 2024," ucapnya.

Sementara itu, Ketum Dekranas, Wuri Ma'aruf Amin mengatakan selama 44 tahun ini Dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia untuk bisa dilirik di mata internasional, ia meminta para pelaku usaha terus adaptif, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran.

"Namun perjalanan ini bukan berarti tanpa hambatan. Hari ini kita menghadapi berbagai dinamika yang menuntut kita untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dengan kondisi ekonomi global yang sedang berlangsung dan menjadi ujian bagi kita semua. Tetapi juga merupakan peluang dengan kreativitas dan keuletan," kata Wuri.

Ketua Panitia Dekranas Expo 2024, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan rangkaian HUT Dekranas dimulai pada awal Mei lalu dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan dan workshop, serta bazar sembako murah.

BACA JUGA:Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa Hadiri Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Provinsi Sumsel ke 78

"Puncak peringatan dimulai hari ini, yang dihadiri sekitar 1.500 tamu undangan. Dilanjutkan dengan parade mobil hias, dan kirab budaya Dekarnas 2024. Dengan rute dari Stadion Sriwedari sampai Pura Mangkunegaran," ucap Loemongga.

Hingga empat hari ke depan, ada Expo di Pura Mangkunegaran yang diikuti 257 stand kerajinan kebanggaan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin, serta panggung hiburan musik yang diisi artis ternama.

Parade Budaya Nusantara kali ini berlangsung sangat meriah dan antusiasme masyarakat setempat sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: