Citraland
Honda

Digitalisasi Usaha via Medsos, Cara Efektif Kenalkan Produk UMKM pada Konsumen

Digitalisasi Usaha via Medsos, Cara Efektif Kenalkan Produk UMKM pada Konsumen

. Edho Zell, Pendiri Social Bread sekaligus content creator saat menjadi pembicara dalam Bincang Dekranas--SMSI

“Sebesar  72 persen keputusan konsumen dipengaruhi dari sosial media. 

Dulu kita pakai bedak atau hair spray merek tertentu, karena orang tua kita yang pakai produk tersebut. 

BACA JUGA: Lulusan D3 dan S1 Merapat Berikut Ini Lowongan Kerja BUMN dari PT Nindya Beton Tersedia 4 Posisi Jabatan

BACA JUGA:Investasinya Rp283 Triliun, Kaltara Bangun Proyek PLTA Terbesar di Asia Tenggara, Cek Lokasinya

Tapi sekarang karena di sosial media, Raffi Ahmad atau Nagita Slavina juga pakai.

Kecuali jika produknya komoditas seperti beras, minyak,” ujarnya.

Selain itu, menurut Edho, pelaku UMKM juga wajib tahu segmen pasar dari medsos yang akan digunakan. 

Misaknya, bila target pasarnya segmen menengah ke bawah, maka Tiktok lebih efektif. 

BACA JUGA:Beli Motor Yamaha Bisa Jadi Miliarder, Gampang Begini Cara Ikut dan Syaratnya

BACA JUGA:Antarkan Langsung Berkas Formulir Cagub ke DPW PPP Sumsel, Mawardi Yahya: Bukti Saya Serius!

Sedangkan untuk target pasar menengah ke atas, promosi via Instagram, menurut Edho, lebih efektif.

“Tagline juga dibutuhkan pelaku UMKM, agar brandnya cepat dikenal,” ujar Edho.

Tagline paling efektif pada 2024, menurut Edho, adalah “problem solving” atau penyelesai masalah.

“Masalah yang diselesaikan tidak perlu besar, yang sederhana saja. Misal, Kopi yang Sesuai Kantong. 

BACA JUGA:Profil Tanzania, Lawan Timnas Indonesia Sebelum Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: smsi