Honda

Bupati Panca Buka Musrenbang, Yuks Lihat Apa yang Menjadi Priotas Pembangunan di Ogan Ilir

Bupati Panca Buka Musrenbang, Yuks Lihat Apa yang Menjadi Priotas Pembangunan di Ogan Ilir

Bupati Panca Buka Musrenbang, Yuks Lihat Apa yang Menjadi Priotas Pembangunan di Ogan Ilir--

PALEPRES.COM- Bertempat di Gedung serbaguna rumah dinas Bupati Kompleks Perkantoran Terpadu atau KPT Tanjung Senai, Selasa 26 Maret 2024.

Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar membuka Musrenbang Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Ogan Ilir.

Menurut Panca,  aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui musrenbang kecamatan, tentu akan diangkat  ke tingkat Kabupaten untuk perencanaan 2025. 

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Ogan Ilir Sumsel dengan Alam Menakjubkan, Ada Danau Cantik Berbentuk Kupu-kupu

"Pada periode pertama memimpin Kabupaten Ogan Ilir, kami fokus melalui anggaran APBD untuk menuntaskan jalan-jalan antar kecamatan dan beberapa desa yang belum tersentuh pembangunan infrastruktur," papar Bupati.

"Termasuk di bidang kesehatan untuk gedung puskesmas dan pendidikan untuk pembangunan sekolah," sambung Bupati Panca.

Sementara pada tahun  anggaran 2025 atau RPJMD tahun berikutnya tentunya akan diselaraskan dengan program Pemkab di 5 tahun ke depan.

"Keinginan saya untuk memastikan pembangunan wilayah perkotaan yakni Ibu Kota Indralaya, meski tanpa mengenyampingkan pembangunan yang ada di Kecamatan dan desa lainnya," terangnya.

BACA JUGA:Ramadan 2024, Bupati Ogan Ilir Gelar Safari Ramadan Perdana

Dimana Pemkab Ogan Ilir  sebelumnya telah mengambil pinjaman dari Bank SumselBabel senilai Rp 30 Milyar. Sehingga tidak mengganggu kegiatan infrastruktur pembangunan yang diperuntukan di desa dan kecamatan.

"Insya Allah di 2025, selain membangun infrastruktur pendidikan, kesehatan, jalan desa, dan sudah harus mempersiapkan untuk wilayah perkotaan Indralaya," imbuhnya.

Sementara Kepala Bappeda Ogan Ilir, Yusriani Emiyati menyampaikan,  ada beberapa target yang menjadi prioritas dalam perencanaan ke depan.

"Penanggulangan kemiskinan dan stunting, merupakan bagian program prioritas utama,  kemudian pengembangan kawasan perkotaan Indralaya, pengembangan sektor ekonomi unggulan di bidang pertanian dan perikanan," jelasnya Emi.

BACA JUGA:Rekomendasi 6 Tempat Wisata Paling Favorit di Ogan Ilir Sumsel, Ada Danau Bentuk Kupu-kupu Hingga Pantai

Lebih lanjut katanya, Pemkab Ogan Ilir perlu melakukan pengembangan SDM, reformasi birokrasi dan peningkatan sektor kesehatan pendidikan. 

Seperti pengembangan perkotaan Indralaya disadari sangat penting. Karena Indralaya atau Ogan Ilir merupakan bagian dari metropolitan kota Palembang.

"Kalau 3 tahun sebelumnya lebih ke pemerataan pembangunan yang sudah relatif baik. Sekarang kita fokus di tata kotanya, sehingga ada pusat pertumbuhan baru seperti kawasan kantor vertikal di Tanjung Baru yang mulai dilaksanakan pengembangannya," tuturnya.

BACA JUGA:Hanya 67 Km dari Kota Palembang, 4 Tempat Wisata di Ogan Ilir ini Bikin Takjub, Gratis Biaya Tiket Masuk

Pengembangan pembangunan tidak hanya sebatas  pada  poros jalan saja. Saat ini di area kantor vertikal tersebut sedang dibangun gedung perpustakaan. Selanjutnya kantor KPU dan Bawaslu 

Hadir pada acara Musrenbang Sekda Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah ST, MM, MT, Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman, Kajari Ogan Ilir Nur Surya SH MH dan Unsur Forkopimda , pada Kepala OPD, para Camat dan undangan lainnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: