Honda

Peringatan HPN, Wakil Muba Antusias Ikuti Bimtek Bako Humas PWI Sumsel

Peringatan HPN, Wakil Muba Antusias Ikuti Bimtek Bako Humas PWI Sumsel

Foto bersama disela-sela Bimtek Badan Koordinasi Kehumasan (Bako Humas) yang diadakan oleh PWI Sumatera Selatan-Dinkominfo Muba-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Tingkatkan kualitas layanan informasi dan komunikasi publik yang lebih baik, peserta perwakilan dari Kabupaten Musi Banyuasin sangat antusias mengikuti Bimtek Badan Koordinasi Kehumasan (Bako Humas) yang diadakan oleh PWI Sumatera Selatan di Hotel Amaris Jalan Lemang Lebar Daun Palembang, Rabu 5 Juni 2024.  

Bimtek yang bertajuk "Sosialisasi UU nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalis (KEJ)" tersebut  yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr A Fatoni MSi diwakili kepala Dinas Kominfo Sumsel Rika Efianti SE MM didampingi Ketua PWI Sumsel Kurniadi ST.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP yang turut menghadiri acara tersebut berharap kedepannya melalui Bimtek Bakohumas ini, sinergitas dan kemitraan pemerintah dengan media massa akan semakin lebih baik lagi.

Terutama SDM Penulisan jurnalistik sesuai dengan aturan dan mekanisme, sehingga secara profesional dapat memberikan informasi yang berkualitas untuk diinformasikan kepada masyarakat berbasis data dan tidak hoax.

BACA JUGA:Ayo Lamar Disini! BUMN PT Indah Karya (Persero) buka Lowongan Kerja Magang Terbaru

BACA JUGA:2 Jenis BLT Siap Salur hingga Rp5 Juta di Awal Juni, Bukan Bansos PKH Maupun BPNT Sembako

"Kegiatan ini tentunya sangat kami apresiasi, karena dimasa era digital seperti sekarang cepat sekali informasi yang dapat kita terima dari media sosial.

Termasuk siapapun bisa menjadi netizen termasuk masyarakat, untuk mengimbangi agar berita yang disajikan tidak berita hoax maka dengan kegiatan bimtek ini.

Sehingga diharapkan seluruh peserta yang mengikuti, khususnya OPD perwakilan yang kami utus dari Muba bisa memahami dan menulis rilis berita OPD nya memenuhi standar penulisan jurnalisitik kedepannya,”  tegasnya 

Untuk mendukung kegiatan Bimtek yang diselengarakan oleh PWI Sumsel ini, Pemkab Muba mengirim peserta perwakilan dari Humas MEP, Humas Petro Muba, Humas RSUD Sekayu, staf Dinas PMD, Staf Diknas Muba, dan staf Dinas Kominfo.

BACA JUGA:Pasca Blackout Listrik, PLN Klaim 80 Persen Distribusi Listrik ke Pelanggan di Daerah Ini Kembali Normal

BACA JUGA:Blackout PLN Palembang dan Sumbagsel, Ini Pandangan Praktisi Hukum Syamsul Bahri

BACA JUGA:Makin Stylish, All New Honda BeAt Street Hadir dengan Tambahan Fitur Alarm

“Kedepan jika ada kegiatan bimtek seperti ini lagi, OPD lain akan kita gilir untuk mengikuti.

Sehingga target kita seluruh OPD lainnya mampu membuat rilis kegiatan OPD masing-masing, untuk diketahui publik sesuai dengan aturan Penulisan Jurnalisitik yang profesional," tegas Sinulingga.

Sementara Ketua PWI Sumsel Kurniadi ST dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Palembang.

Menurutnya, peringatan HPN sudah dimulai sejak 1Juni hingga 10 Juni 2024 dan ada 10 rangkaian acara yang diadakan diantara pelatihan jurnalistik, presenter, dan lomba konten kreatif.

BACA JUGA:Kominfo Ancam Blokir X Twitter Jika Ada Konten Porno

BACA JUGA:Inovasi Diterapkan Pertamina Hulu Indonesia Raih Penghargaan Internasional INTARG 2024 di Polandia

Kurniadi juga berharap, melalui Bimtek Bako Humas dapat membekali para pelaku kehumasan agar dapat melakukan wawancara, menulis berita hingga hal-hal berkaitan cara menghadapi wartawan di lapangan sehingga menghasilkan pemberitaan yang berkualitas sesuai dengan kode etik jurnalistik.

"Saya selaku ketua PWI Provinsi Sumsel mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari OPD atau Instansi, dan BUMD, serta para pelajar se Sumsel, atas partisipasinya dalam kegiatan Bimtek dan rangkaian acara yang digelar lainnya,"tandasnya.

Ungkapan senada, Kepala Dinas Kominfo Sumsel Rika Efianti menyampaikan juga apresiasi atas diadakan bimtek Bakohumas oleh PWI Sumsel tersebut.

Menurutnya, di era digitalisasi saat ini sangat penting, karena untuk mendapatkan informasi hanya cukup dengan satu genggaman yaitu dengan handphone informasi bisa kita dapatkan.

BACA JUGA:Suara Mayoritas, Slovenia Akui Negara Palestina Berdaulat

BACA JUGA:BUMN PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Buka Lowongan Kerja Terbaru Lulusan SMA dan SMK sederajat

"Kegiatan peringatan HPN ini sangat didukung penuh oleh Pj Gubernur Sumsel. 

Dengan adanya kegiatan ini tentunya sangat membantu OPD yang berkaitan dengan kehumasan.

Diantaranya Dinas Kominfo yang menjadi tonggak penyampaian informasi sehingga bisa langsung dipahami oleh masyarakat. 

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua,"terangnya.

BACA JUGA:BUMN PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Buka Lowongan Kerja Terbaru Lulusan SMA dan SMK sederajat

BACA JUGA:Dampak PLN Alami Blackout Listrik, Kantor Cabang Bank Mandiri di Sekayu Tutup

Terpisah, Ria Permatasari salah satu peserta perwakilan Dinas Kominfo menyampaikan ucapan terima kasih atas diselenggarakan kegiatan bimtek. 

Menurutnya, melalui Bimtek ini dirinya beserta peserta lainnya bisa lebih memahami UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalis (KEJ) tersebut.

"Tentunya kami sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini. 

Apalagi, kami yang bertugas di Dinas Kominfo, khususnya di bidang komunikasi publik berhubungan langsung dengan media, tentu dari bimtek ini kami bisa lebih paham terkait UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalis (KEJ).

BACA JUGA:Timnas Indonesia Punya Skuad Mentereng, Ini Target PSSI Untuk Laga Kontra Irak dan Filipina

BACA JUGA:Power Bank Ini Super Besar Takara PB-10, Cocok Hadapi Blackot Sumsel

Kami juga bisa lebih terampil dalam menghadapi insan pers. 

Kepada Pak Kadin Kominfo Herryandi Sinulingga, terima kasih telah memberikan kami kesempatan menambah  pengetahuan,"pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba