Honda

Ini 7 Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Hias Janda Bolong Bagi Pemula

Ini 7 Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Hias Janda Bolong Bagi Pemula

Ini 7 Cara Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Hias Janda Bolong Bagi Pemula--

PALPRES.COM- Tanaman hias janda bolong memang sedang populer di kalangan masyarakat karena bentuknya yang cantik dan unik, di mana janda bolong merupakan tanaman dari suku talas dan berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Tanaman ini diketahui merupakan tumbuhan semi epifit yang dapat hidup dengan intensitas cahaya yang rendah, sehingga cocok diletakkan di dalam rumah untuk mempercantik ruangan.

Cara menanam janda bolong ini sebenarnya relatif mudah bahkan untuk pemula sekalipun penasaran, berikut simak caranya.

1. Media tanam 

BACA JUGA:Deretan Masjid Megah Ini Dulunya Gereja, Salah Satunya Dibangun pada Abad ke-6

Cara menanam janda bolong yang pertama yaitu dengan memperhatikan media tanamnya, di mana media tanam yang akan digunakan untuk menanam janda bolong sebaiknya terdiri dari empat campuran yaitu tanah pupuk kandang kompos dan sekam bakar.

2. Menyediakan pot 

Cara menanam janda bolong yang selanjutnya yaitu dengan menyediakan pot untuk tanaman janda bolong bagi pemula dianjurkan untuk memilih pot dari tanah liat.

Hal ini dikarenakan pot dari tanah liat dapat menyerap air untuk mengontrol kelembaban dan menghindari pembusukan akar.

BACA JUGA:WOW! Ini Beberapa Kamera Terbaik Canon, Ada yang Keluaran Terbaru, Wajib Dimiliki Pencinta Fotografi

3. Pemindahan bibit 

Setelah menyiapkan media tanam dan juga pot langkah selanjutnya dalam menanam janda bolong adalah dengan memindahkan bibit tanaman janda bolong ke dalam pot yang telah disiapkan.

Tancapkan atau masukkan bibit janda bolong tersebut ke dalam pot berisi media tanam sampai semua akarnya tertutup, setelah selesai ditanam usahakan media tanamnya, lakukan proses pemindahan bibit ini pada pagi hari atau sore agar daun tanaman tidak layu karena kepanasan.

4. Penyiraman

BACA JUGA:MERINDING! Ini Beberapa Tempat yang Konon Paling Berhantu di Asia Tenggara, di Indonesia Juga Ada 

Kalian dapat menyiram tanaman janda bolong setiap 2 hari sekali secukupnya agar akar tanaman tidak terlalu basah yang akhirnya dapat menyebabkan kebusukan.

5. Pemupukan 

Kalian dapat membuat pupuk organik cair sendiri di rumah untuk memupuk tanaman janda bolong campurkan kurang lebih 5 liter air bekas cucian beras satu tutup atau tetes tebu serta dua buah gula merah.

6. Pemangkasan

BACA JUGA:Habiskan Dana Rp30 Triliun, Jalan Tol Palembang-Bengkulu Menembus Bukit Barisan, Benarkah? 

Pemangkasan dilakukan supaya tanaman janda bolong dapat tumbuh dengan lebat dan memiliki banyak Tunas sebelum pemangkasan pastikan tinggi tanaman janda bolong telah mencapai 30 hingga 50 cm.

7. Letakkan di tempat yang teduh 

Tanaman janda bolong diketahui tidak tahan dengan sinar matahari secara langsung karena dapat membuat daunnya gosong atau menguning itulah tadi cara menanam janda bolong agar dapat tumbuh dengan subur semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: