Honda

Langkah Kristianie Calon Paskibraka dari Maluku Terhenti, Ini Tanggapan BPIP

Langkah Kristianie Calon Paskibraka dari Maluku Terhenti, Ini Tanggapan BPIP

BPIP menyesalkan Kristianie, salah satu Bakal Calon Paskibraka terbaik dari Provinsi Maluku yang bercita-cita menjadi Paskibraka Tingkat Pusat, langkahnya berhenti sampai tingkat Provinsi karena kondisi kesehatan--

JAKARTA, PALPRES.COM - Kristianie Calon Paskibraka dari Maluku terhenti langkahnya, untuk menjadi Paskibraka Tingkat Pusat.

Terhentinya langkah salah satu putri terbaik Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) itu, karena tidak mendapat rekomendasi dari Tim Dokter Panitia Tingkat Pusat untuk berangkat ke Jakarta.

Terkait apa yang dialami Kristianie Lumatalale yang batal mengikuti verifikasi di tingkat Pusat, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan penyesalannya.

BPIP menyesalkan Kristianie, salah satu Bakal Calon Paskibraka terbaik dari Provinsi Maluku yang bercita-cita menjadi Paskibraka Tingkat Pusat, langkahnya berhenti sampai tingkat Provinsi karena kondisi kesehatan.

BACA JUGA:Daftar Mobil Pabikan China Paling Laku Di Indonesia, Mobilmu Tipe Apa?

BACA JUGA:5 Merek Mobil Dengan Harga Mulai Rp 50 Jutaan Dikelas LCGC 2024, Favorit Keluarga Muda Indonesia

BPIP menyampaikan, bahwa bakal calon Paskibraka yang akan mengikuti verifikasi di tingkat pusat, semuanya diwajibkan melaksanakan medical check up.

Mencakup darah lengkap, fungsi ginjal (ureum kreatinin), fungsi liver (SGOT, SGPT), tes penyakit menular (anti HIV,VDRL,TPHA), urine, EKG dan rontgen Thorax PA. .

Hasil medical check up tersebut kemudian disampaikan kepada Panitia Pusat, untuk untuk dilakukan verifikasi. 

Selanjutnya Panitia Pusat menyampaikan nama Calon Paskibraka yang telah dilakukan verifikasi administrasi kesehatan, untuk diberangkatkan atau mengikuti verifikasi lanjutan (termasuk pemeriksaan kesehatan lanjutan) di Jakarta.

BACA JUGA:Libur Idul Adha 1445 H, Kilang Pertamina Plaju Pastikan Penuhi Permintaan Produk

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Hari Ini Seluruh Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah

Berdasarkan hasil verifikasi administrasi kesehatan Calon Paskibraka dari Maluku oleh Panitia Pusat BPIP, Kristianie Lumatalale dinyatakan memiliki catatan medis yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan Calon Paskibraka Tingkat Pusat.

 BPIP selanjutnya telah menyampaikan surat resmi kepada Ketua Panitia Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Maluku, untuk menyampaikan nama calon pengganti berdasarkan urutan peringkat hasil seleksi tingkat Provinsi disertai hasil medical check up.

Karena Kristianie Lumatalale tidak direkomendasikan oleh Tim Dokter Panitia Tingkat Pusat untuk berangkat ke Jakarta, berdasarkan verifikasi administrasi kesehatan, dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan yang bersangkutan. 

Dalam surat resmi dari BPIP nomor 1715/PE.00.04/06/2024/- tanggal 7 Juni 2024 kepada Ketua Panitia Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi, BPIP menyampaikan bahwa jika Kristianie tetap ingin (memaksakan diri) mengikuti kegiatan verifikasi di tingkat pusat, Kristianie harus menyampaikan Surat Pernyataan dari Orang Tua (wali).

BACA JUGA:Spesifikasi Xiaomi 14 yang Fiturnya Saingi Samsung Galaxy S24, Diharga Mulai Dari Rp20.000.000

BACA JUGA:Jelang Idul Adha 1 Zulhijah 1445, 5 Tipe Hp Samsung Galaxy Series Turun Harga

Surat itu  menerangkan mengizinkan dan bertanggung jawab terhadap kondisi kesehatan maupun fisik yang bersangkutan selama mengikuti kegiatan di Jakarta. 

Kristianie Lumatalale sendiri, tetap dapat mengikuti proses untuk menjadi Paskibraka pada Tingkat Provinsi di Maluku. 

BPIP menghimbau kepada semua bakal calon Paskibraka, agar senantiasa merawat dan menjaga kesehatan, mengingat pelaksanaan tugas seorang Paskibraka menuntut kesiapan fisik dan mental yang prima, untuk keberhasilan pelaksanaan Upacara Kenegaraan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: