Honda

Prediksi dan Preview Laga Kroasia vs Italia Euro 2024 Fase Grup

Prediksi dan Preview Laga Kroasia vs Italia Euro 2024 Fase Grup

pertandingan terakhir fase grup B antara Kroasia vs Italia Euro 2024--doc palpres

PALPRES.COM - Euro 2024 kali ini disuguhi dengan pertandingan terakhir fase grup B antara Kroasia vs Italia, berikut ini prediksi dan preview jelang kick off pada selasa dini hari 25 Juni 2024 pukul 02:00 WIB.

Statistik penting Kroasia vs Italia

  • Italia difavoritkan untuk memenangkan pertandingan ini dengan skenario 50,6%. 
  • Kroasia tidak pernah terkalahkan oleh Italia sejak negara pecahan Yugoslavia ini merdeka awal 1990-an, dalam delapan pertemuan vs Italia (Menang 3 kali Seri 5 kali). Tiga kali pertemuan terakhir semua berakhir 1-1. 
  • Ketika fase grup mulai diperkenalkan 1980, Italia hanya mengalami satu kali kekalahan dalam pertandingan grup terakhir dari sembilan penampilan di Kejuaraan Eropa (Menang 6 Seri 2), mengalami kekalahan 1-0 vs Republik Irlandia pada tahun 2016. 

Kroasia terancam tersingkir lebih awal, dan harus memenangkan pertandingan grup terakhir mereka melawan Italia untuk memiliki harapan lolos ke babak 16 besar Euro 2024. 

BACA JUGA:Euro 2024 Prediksi dan Preview Laga Albania vs Spanyol Akankah Shqiponjat Lolos 16 Besar

BACA JUGA:Hasil Laga Grup C Copa America 2024: Amerika Serikat Hancurkan Bolivia, Darwin Nunez Bawa Uruguay Menang

Tim asuhan Zlatko Dalić hanya meraih satu poin dari dua pertandingan pembukaan mereka, setelah mereka dikalahkan 3-0 melawan pemimpin Grup B Spanyol, sebelum kebobolan di menit-menit terakhir yang menyamakan kedudukan melawan Albania. 

Mereka telah bermain bagus di kedua pertandingan sejauh ini, tetapi mereka terlihat lesu dan lambat di sebagian besar kedua pertandingan mereka. Itu tak mengejutkan, mengingat profil usia skuad mereka. 

Melawan Albania, Dalic memasukkan Ivan Perisic, Josip Juranovic dan Bruno Petkovic, yang menjadikan rata-rata usia starting XI Kroasia menjadi 30 tahun, mereka jadi tim tertua kedua yang pernah mereka turunkan di turnamen besar. 

Sejujurnya, Kroasia telah “memenangkan” masing-masing dari dua pertandingan mereka berdasarkan jumlah gol yang diharapkan, jadi mendapatkan satu poin dari kemungkinan enam poin mungkin tampak sulit.

BACA JUGA:2 Pemain Diaspora Cantik Ikut TC Timnas Putri Indonesia, Persiapan Melawan Hongkong di Laga Ujicoba

BACA JUGA:Hasil Akhir Klasemen Grup A Euro 2024: Jerman Juara Grup, Swiss Ikut Lolos ke Fase Knock Out

Mereka sudah mencatatkan lebih banyak tembakan (38) dan lebih banyak tembakan tepat sasaran (15) di Euro 2024 dibandingkan yang mereka lakukan di seluruh fase grup Euro 2020 (30 tembakan, 10 tepat sasaran). 

Namun dua gol yang mereka kebobolan saat melawan Albania adalah hal yang sederhana, gol-gol yang tidak bisa Anda berikan begitu saja di babak penyisihan grup di mana marginnya sangat ketat.

Dua gol yang berakumulasi jadi kebobolan lima gol sejauh ini, hanya kebobolan lebih banyak gol di dua fase grup turnamen besar, kebobolan enam gol di Euro 2004 dan enam gol di Piala Dunia 2014. 

Walaupun Italia kalah hanya 1-0 dari Spanyol di match terakhir, mereka sangat mendominasi dalam pertandingan tersebut.

BACA JUGA:Head to Head Timnas Indonesia U16 vs Filipina U16 di Piala AFF U16: Garuda Muda Masih Sempurna

BACA JUGA:Hasil Laga Grup B Copa America 2024, Venezuela Menang Comeback 2-1, El Tri Unggul Tipis 1-0

Azzurri melakukan 4 tembakan paling sedikit di catatan match Euro mereka, hanya ada 1 tembakan yang tepat sasaran. 

Sehingga, ini adalah pekerjaan bagus bahwa mereka berhasil mengatasi gol tercepat yang pernah dicetak di Kejuaraan Eropa pada Pekan 1, dengan Alessandro Bastoni dan Nicolò Barella memberi mereka kemenangan setelah Nedim Bajrami dari Albania membuat sejarah. 

Tiga poin tersebut sangat besar, yang artinya Italia memiliki peluang 87,6% untuk lolos ke babak sistem gugur. Mereka juga tidak pernah kalah berturut-turut di Kejuaraan Eropa. 

Head to Head Kroasia vs Italia

BACA JUGA:Siapa Saja 8 Pemain Terbaik Euro 2024 Sepanjang Putaran Kedua? Cek Disini Pilihanmu

BACA JUGA:Daftar 8 Tim Terbaik Euro 2024 Fase Group Putaran Kedua, yang Mana Jagoanmu?

Ini merupakan perang ketiga Kroasia dan Italia di turnamen besar, dan semua terjadi di babak grup. Kroasia menang 2-1 di Piala Dunia 2002 dan bermain imbang 1-1 di Euro 2012. 

Kroasia tidak pernah terkalahkan oleh Italia sejak negara pecahan Yugoslavia ini merdeka awal 1990-an, dalam delapan pertemuan vs Italia (Menang 3 kali Seri 5 kali). Tiga kali pertemuan terakhir semua berakhir 1-1. 

Ini merupakan pertemuan kelima Kroasia di Turnamen Eropa melawan juara bertahan, dengan pertemuan selalu terjadi di fase penyisihan grup.

Pada tahun 1996, Mengalahkan Denmark 3-0 dan bermain imbang 2-2 vs Prancis pada 2004, lalu kalah 1-0 vs Spanyol tahun 2012, sebelum mengalahkan tim Spanyol 2-1 pada tahun 2016. 

BACA JUGA:Cristiano Ronaldo Cetak Sejarah Lagi di Euro 2024, Bukti CR7 Tua Tua Keladi dan Bukan Pemain Egois!

BACA JUGA:Hasil Klasemen Grup E Euro 2024: Bersaing Ketat Hingga Laga Pamungkas, Semua Negara Dapat 3 Poin

Prediksi Susunan Pemain Kroasia vs Italia

Prediksi susunan pemain laga Kroasia vs Italia Euro 2024--doc palpres

Prediksi Kroasia vs Italia

Superkomputer Opta menjadikan Italia favorit untuk yang satu ini. Tim asuhan Luciano Spalletti memenangkan pertandingan ini dalam 50,6% dari 10.000 simulasi pra-pertandingan. 

Kroasia mendapatkan kemenangan yang mereka butuhkan hanya dalam 25,7% skenario, sedangkan hasil imbang, yang mungkin cukup bagi Italia untuk mengamankan tempat kedua di Grup B, terjadi dalam 24,9% skenario. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: