Honda

Fenomena Belanja Offline dengan Paylater Melejit Hingga 169 Persen, Transaksi Kartu Kredit Turun

Fenomena Belanja Offline dengan Paylater Melejit Hingga 169 Persen, Transaksi Kartu Kredit Turun

Fenomena Belanja Offline dengan Paylater Melejit Hingga 169 Persen, Transaksi Kartu Kredit Turun-Alhadi Farid/palpres.com-

PALPRES.COM– Popularitas transaksi Paylater semakin melesat bukan hanya di platform e-commerce, namun di sektor belanja offline popularitasnya juga meningkat tajam.

Tercatat, transaksi offline berkontribusi sebesar 27,7 persen terhadap total transaksi Paylater atau mengalami kenaikan hingga 169 persen sepanjang 2023. 

Bahkan, Paylater tetap menjadi kredit pertama bagi mayoritas responden (68 persen) yang mencerminkan inklusivitas dan kemudahan Paylater dalam memberikan akses kredit bagi konsumen.

Temuan tersebut terungkap dari hasil riset bertajuk Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024 yang merupakan hasil kerja sama Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC). 

BACA JUGA:Kamu Bokek?, Mau Tau Cara Aktifkan DANA Paylater?, Cuma Siapkan KTP Lhooo!

BACA JUGA:Kredivo Gencar Lakukan Edukasi Seputar Paylater, Cari Tahu Manfaat dan Risikonya di Sini

Hasil riset ini diperoleh dari analisis terhadap transaksi online dan offline dari lebih dari 2 juta sampel pengguna Kredivo di 34 provinsi Indonesia pada 2023, serta dari hasil survei online terhadap hampir 7 ribu responden pada 10 Maret – 7 April 2024. 

Kajian ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi di industri Paylater di Indonesia ke depan.

SVP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari menjelaskan, berbagai temuan menarik dalam laporan ini mulai dari pemerataan adopsi Paylater ke berbagai wilayah hingga kepuasan pengguna dari lintas generasi semua ini menjadi penguat optimisme terhadap geliat industri Paylater ke depan.

"Semoga kolaborasi strategis kami dengan Katadata Insight Center ini dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi seluruh stakeholder, bukan hanya pelaku industri namun juga regulator, untuk bersama-sama mendorong kemajuan Paylater di Indonesia. Kredivo pun senantiasa berinovasi agar Paylater dapat terus menjadi pembuka akses layanan keuangan bagi masyarakat sekaligus metode pembayaran pilihan baik di merchant online maupun offline,"jelas Indina. 

BACA JUGA:Awas Jangan Telat Bayar, Netizen Keluhkan Teror Dept Collector SPaylater yang Dilakukan Setiap Saat

BACA JUGA:Kredivo Ajak Pengguna Bijak Pakai Paylater, Siapkan Film Pendek dengan Konsep Unik untuk Edukasi Pengguna

Executive Director Katadata Insight Center, Adek Media Roza, Ph.D. menjelaskan, Selama 2023, transaksi Paylater secara offline mencapai puncak pada kuartal empat, yaitu sebesar 44% dari total seluruh transaksi. 

Peningkatan ini bertepatan dengan libur akhir tahun dan banyaknya promo dari berbagai merchant yang mendorong aktivitas belanja konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: